2,2 Hektar Lahan di Aceh Barat Terbakar

by -13 views

Jamaninfo, Aceh Barat : Kebakaran lahan melanda Aceh Barat, Aceh. Kebakaran terjadi di dua lokasi. Hingga kini api belum seluruhnya dipadamkan dan petugas masih berjibaku melakukan pemadaman. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas mengatakan, kebakaran ini telah terjadi sejak Senin (10/10/2021) lalu. 

Lokasi kebakaran berada di Desa Peunaga Cut Kecamatan Meurebo dan desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan. 

“Perihal terjadinya kebakaran lahan pada hari Minggu dan Senin, 10-11 Oktober 2021 pukul 17.10 dan 15.05 WIB di Desa Peunaga Cut, Kecamatan  Meureubo dan Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan. Penyebab kebakaran masih daam penyelidikan,” kata Ilyas, Rabu (13/10/2021). 

Menurut pendataan petugas di lapangan lahan terbakar di Peunagha Cut ± 1,7 hektar. kemudian di Seuneubok ± 0,5 hektar. Total luas lahan terbakar ± 2,2 hektar,” rincinya. 

BPBD Kabupaten Aceh Barat megerahkan  1 unit armada patroli 06 damkar pos induk BPBD, 1 unit mesin Kohler, 1 unit mesin portable dan beberapa selang, serta 1 unit armada damkar Pos Meureubo 

“Berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Aceh Barat di Peunaga Cut api sudah padam 85% kemudian di Seuneubok : Api sudah padam 99%,” jelas Ilyas. 

Lebih lanjut kata Ilyas, petugas mengalami kendala di lokasi titik api karena sulitnya sumber air kemudian faktor cuaca dan angin kencang menyebabkan api cepat meluas. 

“Di desa Peunaga Cut sumber air yang ada didapat dari kolam warga. Di Seuneubok tiupan angin yang kencang pada siang hari membuat petugas kesulitan melakukan pemadaman, mengingat sumber air yang terbatas,” sebut Ilyas.  (imr)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.