Apa Itu Bootloop di Ponsel Android?

by -16 views

Jamaninfo, Padang: Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna smartphone Android adalah Bootloop. Untuk yang hobby ngoprek smartphone, istilah bootloop ini tentu sudah familiar. Akan tetapi untuk yang masih awam soal teknologi istilah ini tentu asing bagi banyak pengguna pemula.

Bootlop sendiri adalah  sebuah kondisi di mana perangkat smartphone Android tidak mau menyala ketika diaktifkan atau ditekan tombol on dari kondisi mati.

Dalam kondisi yang seperti  ini, perangkat biasanya perangkat hanya melakukan booting sampai logo dan setelah itu kembali memuat ulang dari awal.

Penyebabnya bisa macam-macam, namun kebanyakan diakibatkan oleh ulah pengguna sendiri seperti salah atau gagal memasang ROM khusus, salah menghapus data di dalam sistem, salah mengatur hak izin akses dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Bootloop

Bootloop yang terjadi pada sebuah perangkat smartphone sendiri memiliki beberapa jenis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini macam-macam jenis bootloop pada sebuah smartphone:

  1. Bootloop ringan, yakni ciri-cirinya perangkat masih bisa menyala namun sering kali tiba-tiba melakukan restart sendiri ketika digunakan.
  2. Bootloop sedang, ditandai dengan ciri-ciri ketika ponsel dinyalakan hanya stuck pada, namun HP masih tetap bisa masuk ke Recovery Mode.
  3. Bootloop berat, maka ketika dinyalakan akan stuck pada logo brand dan tidak bisa masuk ke Recovery Mode serta tidak bisa merespon apapun perintah walaupun sudah menekan tombol power.

Cara Mengatasi Bootloop

Jika mengalami masalah ini, bagaimana solusinya. Menurut beberapa sumber dijelaskan bahwa untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan penanganan berdasarkan ketogeor atau jenis bootloop itu sendiri.

1. Mengatasi Bootloop ringan

Untuk mengatasi masalah bootloop ringan ini biasanya hanya dilakukan wipe data atau hard reset pada perangkat yang mengalaminya

2. Mengatasi Bootloop sedang dan Berat

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya dilakukan dengan melakukan flash ulang perangkat smartphone tersebut.

Namun demikian, perlu diketahui untuk melakukan ini harus dilakukan oleh ahlinya atau bisa membawanya ke pusat servis.

Karena seperti yang dikutip dari laman website Uplotify.id, melakukan flashing smartphone sangat beresiko membuat perangkat bisa menjadi mati total.

Oleh karena itu, untuk menghindari efek yang kian parah sebaiknya serahkan saja perbaikan tersebut kepada yang sudah berpengalaman.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.