Aparat Gabungan Geledah Kamar Tahanan Lapas Baubau

by -24 views

Jamaninfo, Baubau: Puluhan Aparat Penegek Hukum (APH) melakukan penggeledahan di seluruh kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Baubau. Kamis,(8/4/2021).

Razia kamar Napi tersebut dipimpin langsung Kepala Lapas Baubau La Samsuddin bersama  aparat gabungan dari Satops Patnal Lapas Baubau, Satres Narkoba Polres Baubau, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK)  dan Bapas Baubau.

Dalam Sidak yang berlangsung selama hampir dua jam itu, petugas  tidak menemukan Narkoba dan sejenisnya, namun sebatas senjata tajam seperti paku, obeng,  silet ,alat cukur, ikat pinggang  dan korek api.

La Samsuddin menuturkan, kegiatan sidak tersebut sebagai bentuk sinergitas dengan aparat penegak hukum juga tindak lanjut Mou beberapa waktu lalu, dalam rangka deteksi dini peredaran Narkoba jaringan Lapas juga menjamin keamanan dan ketertiban di lingkungan Pemasyarakatan.

“Penggeledahan ini kami lakukan rutin, seminggu tiga kali bahkan ada yang sifatnya insidentil setiap saat untuk memastikan dalam Lapas tidak ada barang-barang terlarang,”kata Samsuddin.

Kalapas Baubau berkomitmen akan mengoptimalkan penjagaan secara ketat agar temua serupa tidak berulang. Terhadap  temuan sajam,  Kalapas akan memberikan  sangsi melalui sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP).

“Temuan ini akan kami kembangkan kedepan,”tambahnya.

Sementara itu Pelaksana Kasi Pemberantasan BNNK Baubau Ibrahim mengatakan, hasil amatan dan sidak sejauh ini belum ditemukan barang-barang yang mengarah kepada Narkotika, namun hal itu belum menjamin Lapas Baubau aman dari peredaran gelap narkoba.

“Tadi kita belum menemukan tanda-tanda atau barang yang mengindikasikan di dalam itu ada Narkoba, seperti HP, saset bekas ataupun tutup bong, tapi ini bukan berarti tidak ada karena mungkin kami yang belum mampu membongkar jaringan atau bisa jadi memang tidak ada jaringan itu,”kata Ibrahim.

Menurutnya kondisi Lapas Baubau yang sangat over kapasitas cukup berpotensi menjadi lokus peredaran narkoba.

Ditempat yang sama Kasat Narkoba Polres Baubau Silfianus Solo mengatakan, sidak kali ini belum membuahkan hasil, belum ada temuan yang mengindikasikan keberadaan Narkoba di dalam Lapas.

“Setelah penggeledahan ini belum ada barang-barng mencurigakan,”kata Silfanus.

Dikatahui saat ini jumlah warga binaan Lapas Baubau menyentuh angka 550 orang, sementara Kapasitas hanya dapat menampung 216 orang. Dari jumlah tahanan yang ada 70 diantaranya masih menjadi tahanan Polsek dan Polres.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…