ASEAN Didesak Undang Juga Pemerintah Persatuan Myanmar

by -16 views

Jamaninfo, Ankara: Aktivis hak asasi manusia Myanmar Khin Sandar mengatakan pada Senin (19/4/2021) bahwa Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) Myanmar perlu diundang ke KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang dijadwalkan pada 24 April di Indonesia.

NUG dibentuk oleh penentang junta Myanmar, termasuk anggota parlemen yang digulingkan dan pemimpin protes anti-kudeta dan etnis minoritas.

Khin, juru bicara kelompok protes Komite Kolaborasi Pemogokan Umum, mempertanyakan mengapa para pemimpin Asia Tenggara mengundang junta Myanmar dan bukan NUG.

“Anda tidak boleh mengabaikan suara rakyat. NUG adalah suara rakyat,” kata Khin dalam konferensi pers bersama dengan Aliansi Teh Susu dari gerakan-gerakan prodemokrasi di negara-negara Asia, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (20/4/2021).

Dia meminta para pemimpin ASEAN untuk mempertimbangkan kembali untuk memberi NUG kursi selama pembicaraan krisis yang akan datang.

Johnson Yeung, seorang aktivis sosial pro-demokrasi Hong Kong, mengkritik undangan junta Myanmar, mengatakan itu bisa dianggap sebagai pengakuan penguasa militer yang merebut kekuasaan dalam kudeta Februari.

Dia menekankan bahwa ASEAN memiliki tanggung jawab untuk menangani pelanggaran mereka dan menunjukkan kesalahan mereka.

Beberapa anggota ASEAN termasuk Indonesia telah mendorong KTT khusus tentang krisis Myanmar.

Awal bulan ini, ketua ASEAN tahun ini, Brunei, mengatakan pertemuan direncanakan akan diadakan di Jakarta, ibu kota Indonesia, tempat Sekretariat ASEAN berada.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…