Bamsoet Ingin Pengusaha Terbebas dari Jeratan Korupsi

by -14 views

Jamaninfo, Jakarta: Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menginginkan pejabat di Indonesia bebas dari jeratan kasus korupsi.

Bamsoet menilai pengusaha sebagai objek pungutan dalam proyek yang dikerjakan pejabat negara.

“Dikasih salah, enggak dikasih salah. Dikasih masuk penjara, enggak dikasih enggak dapat proyek,” kata Bamsoet di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021).

Bamsoet mengatakan pengusaha kerap dilema dalam menerima proyek negara yang ditawarkan pejabat. Pasalnya, kerap kali pejabat mencari celah korupsi di tengah ketidaktahuan pengusaha.

Atas dasar itu lah Bamsoet ingin adanya kesepakatan kerja dengan KPK untuk kepastian hukum untuk pengusaha dalam menerima proyek dari pejabat. Setidaknya, KPK diminta bisa membuat pengusaha mengerti untuk menghindari celah-celah korupsi yang ditawarkan pejabat.

“Kita harapkan kerjasama ini membuat ‘orang jadi sungkan’ atau ngeri kalau minta ‘susu tante’ pada para pengusaha, terutama anggota Kadin,” jelas Bamsoet.

Lembaga Antirasuah diminta membuat sistem yang bisa membuat pengusaha mengerti celah rasuah dalam penanganan proyek. Dia tidak ingin pengusaha kembali terjerat dalam ‘jebakan’ pejabat.

“‘Susu tante’ itu, sumbangan sukarela tanpa tekanan, tapi tekan,” tegas Bamsoet.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.