Banjir di Aceh Utara, 27 Kecamatan Terdampak 

by -12 views
Berita Terkini

, Aceh Utara: Hujan deras yang menguyur Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya sejak Kamis (3/12/2020)  hingga Sabtu (5/12/2020) membuat 27 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara terendam air dengan ketinggian air di pemukiman mencapai dua meter. 

Informasi yang dihimpun RRI, dari 27 kecamatan yang terendam banjir, 10  kecamatan diantaranya terparah, yaitu, Kecamatan Matangkuli,Tanah luas, Pirak Timu, Lhoksukon, Got Girek, Sawang, Seunuddon, Samudera dan Meurah Mulia dan Langkahan,  ribuan jiwa di sejumlah desa dalam kecamatan tersebut terpaksa mengungsi ke surau (meunasah) dan dataran tinggi di masing-masing desa.

Seperti yang terpantau di Kecamatan Matangkuli, warga Gampong Hagu,Tempok Barat, desa Alue Thoe, Lawang, Tanjong Haji Muda, Pante Pirak, Leubok Pirak, Siren, , Alue Entok, Meuria, Tanjong Tengku Ali, Punti, dan Munye Pirak  terpaksa mengungsi baik ditenda yang dirikan warga yang berada di Gampong Hagu dan  Lawang, juga sebagian ke Desa meunasah masing-masing.

Salah seorang warga Gampong Hagu kecamatan Matangkuli, M Shaleh. menyebutkan air mulai masuk ke permukiman warga  sejak subuh, ketinggian air di permukiman warga yang ada di Kecamatan Matangkuli  rata-rata mencapai satu hingga dua meter.

“Kami terpaksa harus mengungsi, karena rumah kami sudah terendam, dan banjir ini sudah menjadi langganan setiap turun hujan deras dan meluap air sungai, karena tanggu Krung Keureutoe sudah rendah,” kata M Shaleh, Sabtu (5/12/2020).

Ditambahkan M Nasir, warga yang sudah terjabak banjir, saat ini sedang di Evakuasi mengunakan sampan milik warga, dan  ada juga warga desa Alue Thoe, Lawang, Tanjong Haji Muda, Pante Pirak, Leubok Pirak, Siren dan sejumlah desa lainnya yang berada di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kreung Keureutoe masih terjebak banjir.

“Tim evakuasi dari BPBD  Aceh Utara, tiba dilokasi pada sore hari, padahal warga yang tinggal di kawasan DAS sudah terjebak sejak pagi hingga sore hari, seharusnya harus stanbay Sped boat, di desa kami, jika warga membutuhkan bias mengunakan,” terangnya.

Selengkapnya…