Basarnas Kendari Berhasil Temukan Nelayan Hilang di Konawe

by -10 views

Jamaninfo, Jakarta: Tim Gabungan Basarnas Kendari pagi ini akhirnya berhasil menemukan jenazah nelayan yang hilang di antara Perairan Pulau Hari dan Desa Tanjung Tiram, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, sejak 9 Januari 2022 lalu. 

“Hari ini 13 Januari 2022, operasi telah digelar oleh Basarnas Kendari sejak pukul 06.30 WITA dan pada 07.45 WITA korban berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia,” ungkap Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, melalui wawancara Pro3 RRI, Kamis (13/1/2022).

Aris mengatakan bahwa jenazah ditemukan dalam posisi terapung di posisi kurang lebih 4-5 KM dari titik duga korban dinyatakan hilang.

Sementara untuk kronologinya, Aris menjelaskan bahwa pada tanggal 9 Januari 2022 anggota mendapatkan laporan warga yang menyampaikan bahwa keluarganya atasnama Nasir Pandewa laki (50) hilang.

“Dia melaksanakan mencari ikan seperti biasanya di pagi hari namun hingga sore korban tidak kunjung kembali kerumah. Sementara nelayan yang lain menemukan perahunya terbalik dan para nelayan sekitar membantu mencari korban namun hasil nihil, selanjutnya pihak keluarga melaporkan ke Kantor SAR,” jelas Aris. 

Namun dalam hasil pengamatan dan informasi yang didapat, Aris mengatakan bahwa pada saat kejadian kondisi dilapangan aman dan laut dalam kondisi teduh, bahkan tidak ada cuaca buruk yang signifikan.

“Pada saat kejadian kami juga sempat menggali informasi, namun tidak ada sksi mata yang melihat dan kapan persisnya perahu tersebut terbalik dan diposisi mana, jadi kami hanya memperkirakan saja titik kemungkinan jatuh dan terbalik dari perahu tersebut,” jelasnya kembali. 

“Bahkan, kondisi perahu sendiri masih tidak ada permasalahan hanya memang terbalik, namun untuk penyebab pastinya belum diketahui,” tambahnya.

Sementara itu, saat ini jenazah langsung di evakuasi ke rumha duka dan diserahkan langsung ke pihak keluarga tentu dengan pemeriksaan puskesmas setempat.

Perairan Pulau Hari memang terkenal cukup sering terjadi kecelakaan kapal terbalik maupun terdapat kapal dengan kerusakan mesin meskipun tidak dalam waktu dekat. Ditambah lagi akhir-akhir ini kondisi cuaca yang tidak menentu.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.