Belajar Cepat? Gampang, Putar Cepat Rekaman Pelajaran

by -12 views

Jamaninfo, California: Merekam perkuliahan telah menjadi bagian rutin selama pandemi COVID-19, dan mahasiswa sering mencoba mengemas lebih banyak pembelajaran ke dalam rentang yang lebih pendek dengan menonton rekaman ini dengan kecepatan dua kali lipat dari biasanya atau bahkan lebih cepat. Tetapi apakah hasilnya mereka kesulitan memahaminya?

Anehnya, tidak — sampai titik tertentu. Sebuah studi University of California – Los Angeles (UCLA) baru menunjukkan bahwa mahasiswa menyimpan informasi dengan cukup baik ketika menonton kuliah hingga dua kali kecepatan mereka yang sebenarnya. Tetapi begitu mereka melebihi batas itu, segalanya mulai menjadi sedikit kabur, kata Alan Castel, penulis senior studi tersebut dan seorang profesor psikologi UCLA.

Dengan 85% siswa UCLA yang disurvei sebagai bagian dari studi yang melaporkan bahwa mereka “menonton dengan cepat” video kuliah, para peneliti melibatkan siswa dalam serangkaian eksperimen untuk menguji seberapa cepat kecepatan memengaruhi pembelajaran dan retensi pengetahuan.

Dalam satu percobaan, para peneliti membagi 231 mahasiswa UCLA menjadi empat kelompok dan meminta mereka menonton dua video ceramah 13 hingga 15 menit — satu tentang Kekaisaran Romawi dan satu lagi tentang penilaian real estat. Satu kelompok menonton dengan kecepatan normal, satu dengan kecepatan 1,5 kali kecepatan normal, yang lain dengan kecepatan ganda dan kelompok terakhir dengan kecepatan 2,5 kali kecepatan normal. Mereka diperintahkan untuk tidak menjeda video atau membuat catatan, seperti dikutip dari University of California – Los Angeles, Kamis (13/1/2022).

Segera setelah menonton, mereka diberikan tes pemahaman pada masing-masing video, masing-masing terdiri dari 20 pertanyaan pilihan ganda dan benar atau salah. Kelompok kecepatan normal rata-rata mendapat 26 jawaban benar dari 40, sedangkan kelompok dua kali mencetak 25 (hampir sama dengan kelompok 1,5 kecepatan). Kelompok kecepatan 2,5 tidak melakukannya dengan baik, hanya menjawab sekitar 22 pertanyaan dengan benar.

Seminggu kemudian, kelompok yang sama diberikan tes yang berbeda terkait dengan dua video untuk menilai apa yang mereka pertahankan. Kelompok kecepatan normal rata-rata 24 dari 40, kelompok kecepatan 1,5 dan kecepatan ganda rata-rata 21, dan siswa kecepatan 2,5 rata-rata 20.

“Anehnya, kecepatan video memiliki sedikit efek pada pemahaman langsung dan tertunda sampai pelajar melebihi dua kali kecepatan normal,” kata penulis utama Dillon Murphy, seorang mahasiswa doktoral psikologi di UCLA.

Orang umumnya berbicara dengan kecepatan sekitar 150 kata per menit, dan penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pemahaman mulai menurun saat bicara mendekati kecepatan ganda – sekitar 275 kata per menit, catat Castel.

Dia dan Murphy mengatakan mereka terkejut dan terkesan bahwa siswa dapat belajar, dan mempertahankan pengetahuan, pada beberapa kecepatan yang lebih cepat.

“Mahasiswa dapat menghemat waktu dan belajar lebih efisien dengan menonton ceramah yang direkam sebelumnya dengan kecepatan lebih cepat jika mereka menggunakan waktu yang dihemat untuk belajar tambahan, tetapi mereka tidak boleh melebihi dua kali lipat kecepatan pemutaran normal,” kata Murphy. “Meskipun penelitian kami tidak mengungkapkan kelemahan signifikan untuk menonton video kuliah hingga dua kali lipat kecepatan normal, kami berhati-hati agar tidak menggunakan strategi ini hanya untuk menghemat waktu. Mahasiswa dapat meningkatkan pembelajaran jika mereka menghabiskan waktu yang dihemat untuk kegiatan seperti meninjau kartu flash atau mengikuti tes latihan.”

Strategi mempercepat video mungkin tidak efektif dengan materi pelajaran yang sangat kompleks atau sulit, catat para peneliti

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.