Belasan Desa di Bireun Terendam Banjir, Ketinggian Air Satu Meter

by -8 views

Jamaninfo, Bireun: Bencana banjir merendam belasan desa di dua Kecamatan di Kabupaten Bireun Provinsi Aceh, Kamis (13/1/2022).

Banjir yang dilaporkan terjadi sejak dini hari itu, ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter.

“Telah terjadi banjir luapan pada hari Kamis, tanggal 13 Januari 2022 pukul 02.00 WIB di dua kecamatan yaitu Kecamatan Pandrah dan Kecamatan Jinieb,” kata Haslinda Juwita petugas Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Aceh di Banda Aceh, Kamis siang.

Haslinda menyebutkan, banjir yang terjadi merupakan banjir luapan akibat hujan terus mengguyur wilayah Kabupaten Bireun sejak malam tadi.

“Akibat banjir luapan yang terjadi di dua Kecamatan di Kabupaten Bireuen yang mengakibatkan rumah warga tergenag air setinggi 50 sampai dengan 100 cm lebih,” ujar Haslinda.

Akibat bencana banjir ini, ribuan jiwa terdampak dan lebih dari 100 kepala keluarga terpaksa mengungsi di dua kecamatan.

“Di Kecamatan Padrah titik lokasi pengungsi berada di Desa Lancok Ulim. Terdapat dua titik yang dibangun dapur umum. Kemudian di Kecamatan Jeunib tepatnya di Desa Janggot Sengko sebanyak 100 KK mengungsi dan telah didirikan juga dapur umum,” katanya.

Selain merendam rumah warga dan fasilitas umum lainya, banjir luapan ini juga menyebabkan arus listrik padam.

“Dampak material terendamnya rumah warga kemudian terputusnya kabel listrik yang menyebabkan padam. Kondisi terkini dilaporkan air sudah mulai surut,” tambahnya.

Berikut jumlah desa yang terdampak banjir di Bireun yaitu, di Kecamatan Pandrah meliputi Gampong Pandrah Janeng, Gampong Pandrah Kande, Gampong Kota Reusep, Gampong Belang Samagadeng, Gampong Panten Bile, Gampong  Gampong Blang, Gampong Nase, Gampong Lancok Ulim.

Kemudian di Kecamatan Jeunib meliputi Gampong Cot Gumpalan Baroh (Ketinggian air ± 50 cm), Gampong Blang Me Barat (Ketinggian air ± 60 cm), Gampong Glumpang Tunong (Ketinggian air ± 100 cm, Gampong Janggot Sengko (Ketinggian air ± 80 cm).

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.