Bermain Kotor, FIFA Jatuhkan Sanksi untuk Vietnam

by -19 views

Jamaninfo, Jakarta: Rival Timnas Indonesia di Asia Tenggara yakni Timnas Vietnam baru saja dijatuhi sanksi oleh FIFA karena bermain kotor di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Menurut laporan dari laman Zing, Rabu (12/1/2022), sanksi itu diterima Timnas Vietnam karena bermain kotor saat menghadapi Arab Saudi (16/11/2021). Dalam laga tersebut, Timnas Vietnam bermain barbar sehingga mendapatkan enam kartu kuning.

Menurut peraturan FIFA, tim yang 5 pemainnya atau lebih menerima kartu kuning dalam satu pertandingan akan mendapatkan sanksi denda. Keenam pemain Vietnam yang mendapatkan kartu kuning adalah Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Van Toan, dan Phan Van Duc.

Alhasil, Skuad asuhan Park Hang-seo itu mendapatkan sanksi denda. Jumlahnya lumayan, yakni 6.400 Dolar AS atau sekitar Rp91,5 juta.

Ini menjadi pertama kalinya Vietnam mendapatkan denda karena bermain kotor di bawah asuhan Park Hang-seo. Vietnam juga tercatat melakukan 17 pelanggaran dalam laga yang berakhir dengan kekalahan 0-1 dari Arab Saudi itu.

Vietnam saat ini sedang mempersiapkan tim untuk laga selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Vietnam akan bertandang ke Melbourne Rectangular Stadium guna menghadapi Australia (27/1/2022).

Namun, Timnas Vietnam tak akan diperkuat oleh Que Ngoc Hai dan Tuan Hai dalam laga melawan Australia nanti. Kedua pemain tersebut absen karena mengalami akumulasi kartu kuning.

Timnas Vietnam saat ini berada di dasar klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasukan Park Hang-seo menelan enam kekalahan dan belum mengumpulkan poin.

Hasil negatif ini membuat laju Vietnam menuju Piala Dunia 2022 sangat sulit. Vietnam menyisakan empat laga lagi yang harus dimainkan.

Dengan demikian, Vietnam hanya mampu mengumpulkan poin maksimal sebanyak 12. Jumlah itu setara dengan yang dimiliki Jepang saat ini sebagai peringkat kedua klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Vietnam juga gagal mempertahankan gelar Piala AFF. Pada edisi 2022, Nguyen Tien Linh dkk terhenti pada babak semifinal.

Timnas Vietnam dipaksa menyerah dengan agregat 0-2 dari Thailand. Adapun pada partai puncak Thailand sukses mengalahkan Timnas Indonesia dengan agregat 6-2.

Dengan demikian, Thailand semakin mengukuhkan predikat Raja Piala AFF. Tim berjulukan Gajah Perang itu telah mengemas enam trofi Piala AFF.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.