Catatan Lahirnya Hari Guru Nasional 25 November

by -15 views

Jamaninfo, Cirebon: Berbicara mengenai pendidikan masyarakat di Indonesia tidak terlepas dari peran serta guru, karenanya untuk mengingat jasa-jasa yang sudah guru berikan pada peningkatan pendidikan di Indonesia, Pemerintah memperingati setiap tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Hal ini ditetapkan dalam rangka menghargai serta mengapresiasi para Guru yang sudah berjasa bagi meratanya pendidikan di Indonesia saat ini walaupun belum sepenuhnya merata di seluruh nusantara.

Dalam memperingati HGN (Hari Guru Nasional) ternyata ada beberapa sejarah panjang tentang perjuangan para Guru. Beberapa penjelasan singkat berikut mengenai Sejarah Hari Guru, dilansir dari BicaraBerita.

Pembentukan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) terjadi pada peristiwa saat Para Guru ini berkumpul di dalam sebuah Kongres Guru Indonesia di tanggal 24-25 November 1945 bertempat di Surakarta. Dari peristiwa Kongres tersebut dibentuklah PGRI yang sampai saat ini menjadi tempat bernaung bagi para guru di Indonesia.

PGRI sebenarnya sudah ada sejak penjajahan Belanda di Indonesia dengan penamaan yang berbeda, Yaitu Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). PGHB tersebut dibentuk pada tahun 1912 dan menjadi tempat untuk perjuangan-perjuangan guru dan organisasi PGHB yang banyak berisikan guru-guru pribumi yang mengajar di Sekolah Rakyat Angka Dua dan di Sekolah Desa. Anggota dari PGHB terdiri dari Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, serta Pemilik Sekolah. Melalui PGHB para guru pribumi berusaha untuk memperjuangkan hak-hak yang akan dimiliki.

Organisasi PGHB sempat berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932. Namun sayangnya, PGI tidak berkegiatan cukup lama, dikarenakan pada masa penjajahan Jepang Organisasi terpaksa berhenti. Persatuan Guru Indonesia berhenti cukup lama, anggota Organisasi kembali berkumpul setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Pada Perayaan Guru Hari di tahun ini pemerintah menetapkan tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Khusus pada tanggal 25 November, seluruh Guru Indonesia memiliki perasaan yang sama, perasaan sukacita karena pada 25 November adalah hari nasional para guru Indonesia yang patut dibanggakan, yaitu hari dimana para guru dikenang dan didoakan oleh segenap anak bangsa dari Sabang sampai Merauke.

Semoga para guru diberi kemudahan hidup, agar senantiasa bersinar cemerlang membagi pengetahuan dan kebaikan untuk mencerdaskan pelajar-pelajar Indonesia dalam sistem pendidikan yang berkualitas. Perlu diketahui, bahwa hari guru juga dirayakan oleh setiap negara di dunia bahkan secara Internasional, dan Hari Guru Internasional diperingati setiap tanggal 5 Oktober, dilansir dari scribd.com.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.