Cegah Perceraian Dimasa Pandemi Dengan Ini

by -7 views
Berita Terkini

, Jakarta: Belum lama ini, beredar kabar jika angka perceraian di masa pandemi Covid-19 sedang meningkat. Hal tersebut, banyak dilatarbelakangi karena faktor ekonomi.

Namun, banyak juga pasangan suami-istri yang merasa hubungannya menjadi lebih erat selama pandemi corona Covid-19 ini. Salah satu alasannya, mereka lebih banyak berada di rumah sehingga bisa lebih dekat dan biasanya.

Sebelum pandemi datang, faktanya beberapa pasangan mungkin sulit punya banyak waktu bersama karena kesibukan mereka di luar rumah. Meski begitu, ada juga yang justru jadi sering bertengkar dan adu argumen karena tidak saling mendengarkan kebutuhan satu sama lain, dan jika dibiarkan bisa berakibat fatal hingga perceraian.

1. Dengarkan dan Diskusikan

Kunci sukses langgengnya rumah tangga adalah saling mendengarkan. Mendengarkan memang terkesan mudah, namun pada praktiknya seseorang hanya mendengarkan suara tanpa tahu maksud dari pesan yang disampaikan.

Bahkan dalam berargumen setiap pasangan harus tahu apa yang ingin disampaikan dan tidak melebar pada topik lain atau masalah lama yang nantinya bisa berujung pada perceraian.

Salah satu yang bisa dilakukan dengan mengajak pasangan berdiskusi secara tiba-tiba juga bisa menciptakan kesan yang menakutkan. Ditambah lagi, kalau suami-istri hanya berkomunikasi kalau ada masalah saja, termasuk di masa pandemi ini.

Sangat penting untuk selalu berdiskusi dengan pasangan walau hanya membicarakan hal-hal kecil. Saskhya juga mengatakan pemilihan waktu untuk berdiskusi sangat mempengaruhi emosi kedua pasangan.

Sebagi contoh jika selesai WFH, basanya kepalanya masih banyak pikiraan, tiba-tiba, ‘Aku mau ngomong’. Kita harus tahu juga waktu yang tepat, tempat yang tepat, kapan sih mungkin sambil makan snack, minum teh.

Selain itu pembiasaan, itu adalah sebuah kebiasaan bicara terhadap pasangan saat masalah terjadi, sehingga jika ada kalimat ‘mau ngomong’ malah sesuatu yang mengerikan padahal kalau terbiasa itu akan jadi hal normal.

2. Menonton film romantis bersama

Menonton film romantis bersama pasangan sambil makan popcorn tentu menyenangkan bukan? Dari film yang ditonton bersama, pasangan juga bisa mempelajari hal-hal mengenai perilaku baik dan buruk yang dilakukan dalam sebuah hubungan. Tidak hanya itu, pasangan dapat mempelajari bagaimana sang tokoh dalam film bisa saling menerima pasangan satu sama lain dengan sangat baik.

Dalam penelitian diungkapkan bahwa banyak pasangan yang merasakan hubungan mereka menjadi lebih erat dan lebih dekat setelah menonton dan mendapatkan pelajaran dari film yang mereka nonton bersama pasangan. Mereka bisa menjadikan hubungan sang tokoh menjadi role model hubungan mereka. Membandingkan dan saling instropeksi hingga hubungan mereka menjadi lebih baik. Salah satu film yang direkomendasikan adalah film A Star is Born.

3. Tidak usah pedulikan berapa usia pernikahan kamu

Para peneliti juga menyatakan bahwa metode ini dapat bekerja dengan baik di semua hubungan pernikahan. Tidak peduli sudah berapa usia pernikahan, tetaplah mesra dan tetaplah saling menyayangi layaknya pasangan baru. Kamu harus tetap memberikan kejutan yang meriah kepada pasangan sama seperti kejutan yang kamu berikan ditahun awal pernikahanmu. Bahkan seharusnya lebih, karena semakin lama kalian bersama, kalian akan semakin saling menyayangi bukan?

Pernikahan memang bukanlah sebuah hal yang mudah. Namun ketika kamu dan pasangan berusaha maksimal untuk mempertahankan hubungan dan memiliki komunikasi yang baik, tentu perjalanan pernikahan kamu akan lebih mudah. 

4. Jangan menyalahkan satu sama lain

Siapa yang mau disalahkan dalam gagalnya suatu hubungan? Rasanya tidak ada. Suatu hubungan memang tidak bisa luput dari kesalahan dan pertengkaran. Tapi, dengan menyalahkan pasangan Anda, itu hanya akan membuat Anda semakin membatin dan tidak memperbaiki masalah Anda. Pasti ada yang saling mengeluh, dan keluhan itu biasanya disebabkan oleh harapan yang tidak realistis.

Baiknya, bicarakan berdua dan terima kenyataaan bahwa tidak semua harapan tidak selalu berjalan sesuai kehendak. Dengan lebih ikhlas dan menerima, niscaya hubungan Anda dan pasangan akan jauh dari kata perceraian.

Selengkapnya…