[Cek Fakta] Ada Cacing Pada Masker Wajah

by -16 views

Jamaninfo, Jakarta: Beredar sebuah video yang menggambarkan bahwa ada cacing pada masker.

Klaim tersebut pertama kali diunggah oleh akun Youtube BOTAK BERSINAR, pada 7 April 2021. Dalam video tersebut terlihat masker yang diberi uap air panas di atas sebuah wadah, kemudian pada masker tersebut muncul sesuatu berbentuk hitam dan panjang.

Dan video tersebut diberi judul “Masker impor china ada cacing atau ulat || waspada”.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan video yang tidak benar. 

Pasalnya setelah di telesuri melalui google Search dengan kata kunci ‘Worms in face mask’. Hasil mengarah pada artikel berjudul “Face Masks Don’t Contain Black Worms” yang dimuat situs misbar.com, pada 6 April 2021.

Selain itu, Penelusuran juga mengarah pada situs microbehunter.com yang mengulas tentang permukaan masker, dengan judul “Why you should NOT be worried about microscopic worms (Morgellons) in your Face Mask”.

Ulasan situs microbehunter.com tersebut menampilkan video penjelasan permukaan masker menggunakan mikroskop. Situs tersebut menyebutkan, beberapa orang khawatir dengan cacing pada masker wajah. Tapi ini bukan cacing.

Mereka adalah serat tekstil dari pakaian yang tampak bergerak seperti makhluk hidup, tetapi alasan mengapa mereka bergerak adalah karena proses fisik.

Kesimpulan:

Klaim mengenai masker wajah terdapat cacing itu merupakan klaim salah dan tidak benar. Faktanya setelah ditelusuri, video tersebut tidak ada. 

Sumber:

https://misbar.com/en/factcheck/2021/04/06/masks-donblack-worms

https://www.microbehunter.com/why-you-should-not-be-worried-about-microscopic-worms-morgellons-in-your-face-mask/

https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/4527073/cek-fakta-tidak-benar-ada-cacing-pada-masker-dalam-video-ini

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…