[Cek Fakta] Daftar Bahan Berbahaya Vaksin Covid-19

by -14 views

Jamaninfo, Jakarta: Beredar sebuah informasi yang berisikan daftar sejumlah bahan yang terkandung di dalam vaksin Covid-19 yang diklaim sebagai bahan kimia berbahaya.

Bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam Vaksin yang beredar dalam informasi tersebut berisikan narasi:

1. Aluminium (Al)2. Bismuth (Bi)3. Cadmium (Cd)4. Chromium (Cr)5. Copper (Cu)6. Iron (Fe)7. Lead (Pb)8. Magnesium (Mg)9. Manganese (Mn)10. Nickel (Ni)11. Selenium (Se)12. Silicon (Si)13. Sulfur (S)14. Tin (Sn)15. Titanium (Ti)16. Vanadium (V)17. Graphene Oxide (C140H42O20)18. Parasit.

Namun saat ditelusuri, klaim bahwa vaksin Covid-19 mengandung sejumlah bahan kimia berbahaya, tidak berdasar. 

Nyatanya, tidak ada pernyataan resmi dan valid dari otoritas kesehatan terkait daftar tersebut. Lebih lanjutnya, Dr. Katherine O’Brien seorang ahli vaksin yang berspesialisasi dalam bidang epidemiologi pneumokokus, turut menegaskan vaksin Covid-19 yang beredar di tengah masyarakat sudah dipastikan aman.¬†

Semua komponen yang terdapat di dalam vaksin sudah diuji secara ketat oleh otoritas terkait. Di sisi lain, lebih dari 7,3 miliar dosis vaksin telah diberikan kepada penduduk di seantero bumi.

Dari miliaran dosis yang telah diberikan kepada manusia di dunia, nyaris tidak ada kasus signifikan bahwa vaksin Covid-19 berbahaya bagi manusia. Vaksin Covid-19 dipastikan aman buat manusia.

Maka dapat disimpulkan, Klaim bahwa vaksin Covid-19 mengandung sejumlah bahan kimia berbahaya, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi dan valid dari otoritas kesehatan terkait daftar tersebut. Referensi:

https://coronavirus.jhu.edu/region/indonesia

https://coronavirus.jhu.edu/map.html

https://www.kominfo.go.id/content/detail/38302/hoaks-daftar-bahan-kimia-berbahaya-di-dalam-vaksin-covid-19/0/laporan_isu_hoaks

https://nobulart.com/covid-19-vaccine-ingredients/ Dari hasil tes Vaksin, bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam Vaksin

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.