[Cek Fakta] Foto Peragaan Busana Antaragama

by -17 views

Jamaninfo, Jakarta: Beredar foto di media sosial facebook memperlihatkan sebuah acara peragaan busana antara agama.

Dalam foto yang diunggah oleh akun Mas AU tersebut juga memperlihatkan seorang biarawati melintasi karpet merah. Aksi biarawati berjalan di atas karpet merah itu tampak disaksikan oleh ratusan orang yang berada di pinggir karpet merah. 

Akun tersebut juga memberikan sebuah narasi, sebagai berikut:

“Peragaan busana telornasi antarumat beragama”.

Berdasarkan hasil penulusuran dari berbagai sumber, foto yang memberikan narasi peragaan busana toleransi antarumat beragama tersebut adalah klaim yang salah.

Karena foto yang diunggah ternyata diambil saat dua biarawati Katolik menghadiri undangan acara Harlah ke-73 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Utama Gelora Bung Karni, Senayan, Jakarta pada Minggu (27/1/2019) lalu.

Maka dari itu, acara tersebut bukanlah acara peragaan busana toleransi antarumat beragama seperti yang dinarasikan oleh akun Facebook.

Pada acara itu, diketahui muslimat NU menggelar Harlah ke-73 di GBK dengan mengangkat tema Khidmah Muslimat NU, jaga aswaja, teguhkan bangsa. Acara tersebut dihadiri oleh ratusan ribu warga NU dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa menteri hingga duta besar negara sahabat juga turut hadir dalam acara tersebut.

Kesimpulan

Jadi, klaim yang menyebut ada peragaan busana toleransi antarumat beragama adalah klaim yang keliru atau salah.

Klaim tersebut merupakan klaim hoaks yang masuk dalam kategori konten yang salah.

Referensi

https://www.suara.com/news/2021/04/07/190743/cek-fakta-ada-acara-peragaan-busana-toleransi-antarumat-beragama?page=2

CekFakta

Turnbackhoax.id

(imr)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…