[Cek Fakta] Ketua Umum PBNU Dibaptis

by -34 views

Jamaninfo, Jakarta: Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj ada di sebuah gereja.

Dalam video yang diunggah oleh akun facebook Putra Ksatria pada Senin 10 Mei 2021 tersebut, turut membagikan link video dengan narasi:

“BERITA TERBARU ~SAID AQIL DI BAPTIS ATAS NAMA YESUS DI GREJA~!!!NEWS TERKINI.”

Berdasarkan penelusuran video terkait Ketua PBNU di baptis adalah salah atau tidak benar. Faktanya, video itu merupakan kunjungan Said di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Bahkan diketahui kunjungan Said itu dilakukan pascaledakan di depan gereja tersebut. Said menyampaikan duka atas ledakan yang terjadi.

“Saya kesini semata-mata ingin bergabung menyampaikan duka atas terjadinya bom bunuh diri di gereja katedral minggu lalu,” kata Said seperti dilansir Rakyatku.com, Minggu 11 April 2021.

Selain itu, diketahui jika video yang diunggah kanal YouTube CYBER UMMAT tersebut berdurasi 13 menit 17 detik itu diunggah pada 13 April 2021.

Kesimpulan

Klaim bahwa video itu memperlihatkan Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj dibaptis, adalah salah. Faktanya, video itu merupakan kunjungan Said pascaledakan di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan.

Referensi

https://rakyatku.com/read/198631/kunjungi-gereja-katedral-makassar-ketua-pbnu-doakan-para-korban-bom-bunuh-diri

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0k8RxWLN-cek-fakta-video-penampakan-ketum-pbnu-said-aqil-dibaptis-ini-faktanya

https://archive.md/H6v12

https://archive.md/VXQfp

(imr)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…