[Cek Fakta] Permen Karet Sehatkan Gigi

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Mengunyah permen karet disebut dapat membuat sakit gigi.

Faktanya, permen karet ternyata mampu menjaga kesehatan gigi. Asal dilakukan dengan cara yang juga benar.

Asal mengkonsumsi permen karet di waktu sesudah. Tujuannya adalah untuk  membersihkan bakteri-bakteri yang tertinggal dalam mulut.

Para ahli telah mempelajari 12 penelitian tentang kemampuan pembersihan permen karet ini dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.

Akhirnya para ahli menarik kesimpulan bahwa mengunyah permen karet setelah makan dapat membantu membersihkan mulut.

Air liur secara otomatis diproduksi saat proses mengunyah permen karet.

Air liur inilah yang berfungsi menetralkan mulut dan menyingkirkan bakteri-bakteri yang dapat merugikan gigi.

Menurut para ahli, proses netralisir itu akan berjalan jika permen karet yang dikonsumsi merupakan permen karet yang tanpa kandungan gula.

Karena gula dapat membuat kerak di gigi kita setelah bereaksi pada sisa makanan yang ada pada mulut kita.

Walaupun begitu, para ahli mengatakan bahwa pemanis buatan dalam permen karet tanpa gula, xylitol dan sorbitol dapat membantu membersihkan mulut.

Dalam penelitian para ahli, orang yang mengonsumsi permen karet tanpa gula memiliki resiko lebih rendah untuk menderita gigi berlubang daripada orang yang tidak mengunyah permen karet sama sekali.

“Ini sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi, terutama antara atau sesudah makan, saat gigimu berisiko diserang asam yang muncul 20 menit setelah makan,” jelas Dr Nigel Carter OBE, ketua dari Oral Health Foundation.

Penelitian ini diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Gigi, yang merupakan penelitian pertama yang menyebutkan dampak positif dari permen karet. (Sumber: grid.id)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…