[Cek Fakta] Prakerja Gelombang 17 Dibuka

by -17 views

[Jamaninfo, Jakarta: Beredar di media sosial terkait pernyataan mengenai pendaftaran prakerja gelombang 17 dibuka di pertengahan tahun ini.

Bahkan dalam narasinya terdapat link terkait pendaftaran. Berikut narasinya:

“Gelombang 16 merupakan gelombang terakhir untuk penerimaan di semester pertama 2021 dengan kuota terbatas 300rbu orang. Kemungkinan gelombang baru atau 17 akan berlanjut nanti pertengahan tahun. Bagi yg belum sempat/ingin mendaftar, silahkan japri atau klik link dibawah ini https://bit.ly/3tYe8vV. Sebelum terlambat, penutupan pendaftaran besok jam 1 siang.”

Berdasarkan hasil penelusuran narasi yang tersebar di media sosial tersebut adalah hoaks atau tidak benar. 

Nyatanya dalam artikel kompas.com berjudul “[KLARIFIKASI] Prakerja Gelombang 17 Akan Dibuka Pertengahan Tahun” pada 3 April 2021, dijelaskan bahwa pembukaan Prakerja gelombang 17 belum bisa diputuskan. 

Karena dalam hal ini, target serapan semester 1 Prakerja 2021, sebesar 2.7 juta penerima. Target ini merupakan total kuota gelombang 12 hingga 16.

Jika dari gelombang 12 dan 16 ada kepesertaan yang dicabut, maka jumlah kepesertaan yang dicabut ini akan diakumulasikan untuk memenuhi target 2.7 penerima.

Untuk pembukaan gelombang 17 belum dapat dipastikan waktunya karena penyelenggara Prakerja masih memantau peserta. Penyelenggara Prakerja memberikan batas waktu pemantauan kepesertaan sampai pada 29 April 2021.

Adapun untuk tautan pendaftaran, masyarakat perlu mewaspadai tawaran pendaftaran dari tautan selain dari www.prakerja.go.id.

Informasi resmi mengenai Prakerja dapat dipantau melalui www.prakerja.go.id. Bisa juga melalui Facebook Kartu Prakerja dan Instagram @prakerja.go.id.

Kesimpulan

Informasi pendaftaran Prakerja gelombang 17 dibuka pertengahan tahun adalah tidak benar. Pembukaan pendaftaran gelombang 17 belum dipastikan waktunya, karena penyelenggara Prakerja masih memantau peserta.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Referensi

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-pendaftaran-prakerja-gelombang-17-dibuka-pertengahan-tahun.htmlKompas.comCekFakta

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…