[Cek Fakta] Sapi Hanyut Terbawa Banjir NTT

by -16 views

Jamaninfo, Jakarta: Beredar postingan di media sosial Facebook, beberapa video yang diklaim sebagai video bencana banjir di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Salah satu video tersebut memperlihatkan sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir, dengan narasi yang berbunyi “20 orang warga korban banjir bandang di Desa Nelelamadiken, Ile Boleng, Flores Timur dievakuasi. Proses evakuasi korban bencana ini dibantu warga dari beberapa desa di Ile Boleng”.

Setelah dilakukan penelusuran, klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir di Kabupaten Flores Timur, NTT tersebut tidak benar.  

Video tersebut merupakan video lama yang merekam sejumlah sapi terseret luapan arus Sungai El Conchal yang terletak di Kotamadya Zacualpan, negara bagian Nayarit. Video itu juga telah beredar pada Juli 2020, sebelum peristiwa banjir bandang NTT yang terjadi pada Minggu, 4 April 2021.

Dikutip dari kominfo.go.id, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut postingan tersebut masuk kategori disinformasi. 

Link Counter:

-https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4525771/cek-fakta-tidak-benar-sapi-hanyut-dalam-video-ini-terbawa-arus-banjir-ntt 

(sumber: kominfo.go.id)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…