[Cek Fakta] Vaksin Pfizer Dapat Lacak Manusia

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Beredar sebuah foto berisikan dokumen pendaftaran paten vaksin Covid-19 di Amerika Serikat. 

Bahkan, foto yang beredar tersebut disertai klaim bahwa vaksin Pfizer digunakan untuk melacak manusia di seluruh dunia yang telah divaksin melalui jaringan seluler dan satelit serta senyawa graphene oxide.

Namun saat ditelusuri, klaim tersebut adalah keliru. Dilansir melalui Kominfo dari AFP, Peneliti Dewan Nasional untuk Penelitian Ilmiah dan Teknis (CONICET) Argentina, Maria Victoria Sanchez, mengatakan dokumen tersebut tidak menyebutkan adanya pelacakan orang menggunakan pelacak yang ditemukan dalam vaksin Pfizer.

“Graphene oxide tidak digunakan dalam pembuatan vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19,” ujar Pfizer kepada AFP.  Adapun bahan senyawa graphene oxide juga tidak ditemukan dalam kandungan semua jenis vaksin Covid-19. 

Juru bicara Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) juga menegaskan bahwa tidak ada satupun vaksin Covid-19 yang disahkan atau disetujui oleh FDA yang mengandung perangkat pelacak.

Maka dapat disimpulkan klaim yang menyebutkan vaksin Pfizer bisa digunakan untuk melacak manusia sedunia merupakan hoaks. Faktanya, bahan senyawa graphene oxide juga tidak ditemukan dalam kandungan semua jenis vaksin Covid-19. 

Referensi:

https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9R333L-1

https://www.kominfo.go.id/content/detail/38281/disinformasi-klaim-vaksin-pfizer-digunakan-untuk-melacak-manusia-di-seluruh-dunia/0/laporan_isu_hoaks

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.