[Cek Fakta] Vaksin Sinovac Didapatkan Mandiri

by -16 views

Jamaninfo, Jakarta: Beredar pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang menginformasikan bahwa vaksin Sinovac bisa didapatkan secara mandiri mulai 8 April 2021. 

Dalam pesan disebutkan bahwa vaksin mandiri tersebut tidak dikenakan biaya bagi anggota Kadin yang memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sementara bagi masyarakat umum, akan dikenakan biaya Rp600.000 dan termasuk dengan tes antigen.

Mengutip Jala Hoaks, Jumat (9/4/2021), berdasarkan hasil penelusuran, kabar tersebut hoaks. Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi menyebut pesan berantai yang beredar adalah tidak benar.

“Pesan berantai itu hoaks. Tidak ada yang namanya vaksin mandiri, adanya vaksin gotong royong sesuai permenkes 10/2021,” ujar dr. Nadia.

Bantahan juga disampaikan oleh Ketua Satgas Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Arya Sinulingga. “Itu hoaks,” ujarnya.

Dalam pesan tersebut, vaksinasi mandiri itu diklaim menggunakan Sinovac. Padahal, Kementerian Kesehatan RI telah memastikan pemakaian vaksin pada program vaksinasi gotong royong atau mandiri akan berbeda dengan vaksinasi pemerintah yaitu vaksin Sinovac.

“Jenis vaksin gotong royong tidak akan menggunakan vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, vaksin Novavax dan vaksin Pfizer,” ungkap Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. (Editor: MDS)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…