Chelsea Pijakkan Satu Kaki ke Semifinal UCL

by -11 views

Jamaninfo, Jakarta: Bertandang ke Stadion Sanchez Pizjuan, Chelsea sukses mengalahkan Porto dengan skor 2-0 dalam partai leg pertama perempat final Liga Champions 2020/21, pada Kamis (8/4/2021) dini hari WIB. 

Dua gol kemenangan Chelsea masing-masing diciptakan oleh Mason Mount di pertengahan babak pertama serta Ben Chilwell di akhir babak kedua.

Dua gol tandang yang berhasil di raih oleh anak asuh Thomas Tuchel memberikan keuntungan yang sangat besar untuk menatap leg kedua nanti.

Berkat hasil ini, Chelsea pun sudah melangkahkan satu kakinya ke babak semifinal Liga Champions musim 2020/21. The Blues akan bertindak menjadi tuan rumah untuk laga leg kedua pekan depan di Stamford Bridge.

Mengandalkan trio pemain mudanya, yaitu  trio Mason Mount, Kai Havertz dan Timo Werner, Chelsea sukses mendominasi lini pertahanan tim tuan rumah dengan beberapa kali ciptakan peluang berbahaya.

Tim tamu mendapat peluang emas pertamanya pada menit ke-16’. Mason Mount berhasil melakukan akselerasi dan coba lepaskan umpan ke kotak penalti. Reece James yang berada bebas di area penalti berusaha menyambut umpan tersebut, namun kiper Marchesin dengan sigap langsung memotong arah bola.

Beberapa menit berselang, Chelsea mendapat peluang lagi lewat sepakan corner dari Kai Havertz, tapi bek Chancel Mbemba berdiri kokoh untuk membuang bola lambung tersebut.

erus berikan tekanan, akhirnya Chelsea berhasil unggul lebih dulu melalui aksi Mason Mount pada menit 32’. Memaksimalkan umpan Jorginho, gelandang Inggris tersebut lepaskan tembakan ke sudut kiri bawah dan berhasil mengecoh Marchesin. Skor 0-1 untuk tim tamu.

Usai tertinggal, Porto menaikkan tensi serangan. Menit ke-38’, umpan Mbemba berhasil menemukan Sanusi di posisi bebas, namun sayang wasit menganggap Sanusi berada di posisi offside.

Jelang jeda turun minum, bek senior Pepe coba lakukan sundulan yang mengarah ke gawang Chelsea. Akan tetapi Mendy dengan sigap menghadang upaya mantan punggawa Real Madrid itu. Hingga babak pertama usai, skor 0-1 untuk keunggulan Chelsea tetap bertahan.

Kembali dari kamar ganti, Porto mencoba meningkatkan intensitas serangan mereka. Meski demikian, pasukan Sergio Conceicao masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Chelsea.

Thomas Tuchel mencoba meningkatkan daya gedor timnya dengan memasukkan Christian Pulisic dan Olivier Giroud. 

Alhasil, mereka mendapat peluang pada menit ke-48. Melalui Rudiger yang mampu melepaskan umpan melebar kepada James, percobaan volleyball darinya belum mampu menemukan terget.

Demi mengejar ketertinggalam, Porto mulai menemukan ritme permainan dan balik berikan tekanan di pertengahan babak kedua.

Menit 60’, Luis Diaz coba lepaskan tembakan melengkung ke gawang usai mendapatkan umpan silang. Namun bola masih bisa diantisipasi kiper Chelsea.

Lini belakang Chelsea tampil sangat apik untuk meredam agresivitas Porto. Keasyikan menyerang, Porto justru lengah ketika mendapat serangan balik. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh The Blues.

Porto kembali dikejutkan lewat permainan cepat Chelsea. 

Chilwell sukses menggandakan keunggulan Chelsea lewat golnya pada menit ke-85. Berawal dari kesalahan bek Porto kala melakukan kontrol, bola berhasil dicuri Chilwell yang kemudian melakukan penetrasi dan mengelabui Marchesin serta mencocor bola menjadi gol.

Di sisa akhir laga, Porto coba bangkit namun pertahanan rapat The Blues buat upaya tuan rumah gagal membuahkan hasil. 

Hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan dua gol tanpa balas Chelsea tetap bertahan dan membuat wakil London telah menapakkan satu kaki di partai semifinal Liga Champions.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…