Corona Mutasi Ganda Terdeteksi di San Fransisco

by -15 views

Jamaninfo, San Fransisco: Virus korona dengan varian “mutan ganda” terdeteksi di San Francisco, menjadikannya pertama kalinya varian tersebut terlihat di Amerika Serikat.

Varian tersebut memiliki dua mutasi yang membantu virus menempel pada sel dan telah mendorong ledakan kasus COVID-19 di India. 

Salah satu mutasi pada galur baru tersebut serupa dengan yang ditemukan pada varian yang pertama kali terdeteksi di Brasil dan Afrika Selatan. Mutasi kedua ditemukan pada varian di California. Mutasi itu diyakini lebih menular daripada galur asli COVID-19, tetapi belum diketahui apakah ia lebih kebal terhadap vaksin.

Kasus San Francisco melibatkan seorang pasien dari Klinik Perawatan Kesehatan Stanford dan kemungkinan terjadi di Santa Clara County, menurut laporan San Francisco Chronicle, yang dikutip US News & World Report.

Hasil studi awal menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 yang saat ini disetujui di Amerika Serikat efektif melawan varian, dan Peter Chin-Hong, MD, ahli penyakit menular di University of California, San Francisco, mengatakan kepada Chronicle bahwa dia “optimis” bahwa vaksin ini akan bekerja melawan varian mutan ganda. 

Ia menambahkan masih belum jelas apakah varian baru tersebut dapat menghambat keefektifan perawatan antibodi COVID-19.

“Varian India ini mengandung dua mutasi pada virus yang sama untuk pertama kalinya, sebelumnya terlihat pada varian terpisah,” kata Chin-Hong, seperti dikutip dari Medical Xpress, Jumat (9/4/2021). 

“Karena kita tahu bahwa domain yang terpengaruh adalah bagian yang digunakan virus untuk memasuki tubuh, dan bahwa varian California sudah berpotensi lebih resisten terhadap beberapa antibodi vaksin, tampaknya ada kemungkinan bahwa varian India mungkin melakukan itu juga.”

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…