Deklarasi Neptune, Dukungan Stakeholder Maritim Global Atasi Krisis Pelaut

by -26 views
Berita Terkini

JMOL. Ratusan ribu pelaut terdampar di atas kapal sejak wabah COVID19 merebak. Mayoritas dari mereka sudah bekerja lebih dari masa kontrak. Rasa bosan dan kelelahan yang diderita para pelaut itu, selain merupakan pelanggaran dari hak-hak mereka sebagai pekerja, juga membahayakan keselamatan operasi kapal.

Setelah seruan dari delapan organisasi internasional di bawah PBB, kini lebih dari 300 institusi stakeholder maritim dunia, yang terdiri atas perusahaan pelayaran dan organisasi kemaritiman lainnya, menandatangani Deklarasi Neptune. Deklarasi tersebut sebagai bentuk tanggung jawab bersama untuk terlibat menyelesaikan krisis pelaut dan mengatasi dampak buruknya terhadap keselamatan pelayaran dunia.

Baca: 8 Organisasi PBB Desak Penyelesaian Krisis Crew Change

Deklarasi Neptune mendesak para pemimpin negara atau otoritas terkait untuk segera mengambil 4 langkah penting untuk menyelesaikan krisis pelaut tersebut, yaitu:
(1) Mengakui pelaut sebagai pekerja kunci dan memberi mereka akses prioritas ke vaksin Covid-19.
(2) Menetapkan dan menerapkan protokol kesehatan yang Gold Standard berdasarkan praktik terbaik yang ada.
(3) Meningkatkan kolaborasi antara operator kapal dan pengguna untuk memfasilitasi pergantian awak kapal.
(4) Memastikan konektivitas udara antara hub maritim utama untuk pelaut.

Baca Naskah Asli: Neptune Declaration on Seafarer Wellbeing and Crew Change

Sebagai bagian upaya menyebarkan isi dari deklarasi Neptune, diedarkan video pendek tentang krisis pelaut. Dapat disimak di sini. [AF]

Baca Selengkapnya..