Dikukuhkan, Jokowi Berikan Ucapan Hangat untuk Megawati

by -26 views

Jamaninfo, Sentul: Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan gelar profesor kehormatan yang diterimanya dari Universitas Pertahanan RI pada Jumat (11/6/2021). 

“Pertama-tama, saya menyampaikan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kerhomatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis universitas pertahanan RI,” tutur Presiden Jokowi dalam video virtual yang ditayangkan dalam acara pengukuhan, Jumat (11/6/2021).

“Saya juga menyampaikan selamat kepada Universitas pertahanan RI (Unhan) yang telah menganugerahkan gelar guru besar kepada Megawati Soekarnoputri, itu artinya Unhan akan memperoleh arahan, inspirasi, dan bahkan perkuliahan dari Ibu Mega untuk pendidikan dan penelitian tentang kepemimpinan strategis, yang menjadi kebutuhan dasar dalam mengawal perubahan strategis bagi kemajuan Indonesia,” sambungnya.

Menurut Jokowi, keputusan Unhan memberi gelar profesor kehormatan pada Megawati merupakan keputusan yang tepat. Megawati adalah seorang pemimpin yang mengawal reformasi besar dalam tata politik dan pemerintahan Indonesia.

“Keputusan Unhan ini sangat tepat (karena, red) Ibu Megawati Soekarnoputri merupakan seorang pemimpin strategis yang telah dicatat sejarah sebagai seorang pemimpin yang berperan besar dalam mendorong dan mengawal reformasi besar dalam tata politik dan pemerintahan di Indonesia,” tambah Jokowi menjelaskan. 

Jokowi menilai, keteguhan dan konsistensi beliau sudah teruji dalam memperjuangkan nasib rakyat kecil, demokrasi, dan juga hak-hak rakyat serta perjuangan untuk kedaulatan negara.

“Keteguhan dan konsistensi beliau sudah sangat teruji dalam memperjuangkan ansib wong cilik, demokrasi, dan hak rakyat serta dalam menjaga dan memperjuangkan kedaulatan negara,” ucap Jokowi. 

Sementara itu, Presiden RI Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengaku bahwa pemberian gelar profesor untuk dirinya menjadi penghormatan tersendiri serta membawa tanggungjawab dalam dirinya. Hal itu disampaikan Mega saat pengukuhan gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan RI pada Jumat (11/06/21). 

“Penghormatan ini membawa tanggung jawab tersendiri dalam diri saya. Jadi pemberian gelar profesor ini semakin emnaydarkan saya bahwa hidup itu sebagai falsafah jawa ada namanya cakra manggilingan jadi kita sebagai manusia harus menerima bahwa dunia ini berputar sebagai roda kehidupan juga,” ujar Mega.

Untuk diketahui, Penetapan Profesor Kehormatan terhadap Megawati tersebut tertuang dalam surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nomor 33271/MPK.A/KP.05.00/2021.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…