Dinkes Klaim Kekebalan Alami Warga Jakarta Terbentuk

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengklaim, sejak bulan Maret 2021, sebanyak 44 persen warga Ibu Kota yang imunitas atau kekebalannya telah terbentuk, walau belum divaksin Covid-19. Hal itu terjadi karena rata-rata dari mereka telah terpapar Covid-19.

“Padahal waktu itu belum divaksin artinya secara alami warga DKI sudah terbentuk kekebalan secara alami karena terinfeksi dan ternyata waktu itu bisa bertahan bagus,” papar Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti di Balai Kota, Jumat (26/11/2021).

Widyastuti menjelaskan, hal itu diperoleh dari survei serologi yang datanya diambil pada bulan Desember 2020-hingga Januari 2021. 

Kemudian, lanjut dia, ditambah adanya program vaksinasi yang memberikan perlindungan lebih pada masyarakat.

“Sehingga relatif warga DKI yang sudah mendapatkan dua kekebalan alami melalui terinfeksi plus dapatkan vaksinasi dari program,” jelasnya.

Meski demikian, Ia tidak menampik efektifitas dari imunitas yang ada di masyarakat saat ini. Sebab sifat virus Covid-19 yang trennya terus mengalami mutasi dan menjadi lebih ganas.

Untuk itu, ia meminta agar warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian.

“Iya tapi tetap pesannya bahwa kita gak tau pasti bagaimana sifat dari mutasi atau virolensi atau sekrang kan lagi dilakukan survei,” ungkapnya.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.