DPD Minta Pemda Memprioritaskan Tenaga Kerja Lokal

by -16 views

Jamaninfo, Jakarta: Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk memperjuangkan tenaga kerja lokal sebagai prioritas di pertambangan setempat. 

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan permintaan itu saat bersilaturahmi me Kesultanan Sambaliung, Berau, Kalimantan Timur, Sabtu (15/1/2022). 

“Perusahaan pertambangan, (harus, red) memprioritaskan tenaga kerja masyarakat setempat,” kata La Nyalla, Sabtu.

Menurut LaNyalla, hal itu berkaitan erat dengan penguatan pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2018. 

Karena itu, Senator asal Jawa Timur itu meminta Pemkab Berau untuk memfasilitasi warga masyarakat, terutama para calon tenaga kerja usia produktif untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan kapasitas diri agar memiliki skill yang mumpuni dan siap untuk kerja.

“Saya juga berharap pola pendidikan vokasi menjadi acuan bagi lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Berau, sebagai bagian dari mempercepat penyiapan tenaga kerja lokal yang terampil,” papar LaNyalla. 

LaNyalla juga meminta Pemkab Berau dan jajaran Forkompimda untuk menyelesaikan permasalahan tanah warga terkait sengketa dengan perusahaan tambang. 

“Saya ingatkan agar negara hadir dengan azas keadilan dan keberpihakan kepada masyarakat, sebagai pemilik kedaulatan bangsa dan negara ini. Jika memang harus diberikan ganti rugi atau konsesi, segera tuntaskan,” tegasnya. (imr)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.