Dua Robot Penjelajah Berswafoto di Planet Mars

by -12 views

Jamaninfo, Washington: Penjelajah Mars Perseverance dan helikopter Ingenuity milik NASA mengunggah mosaik swafoto terbaru yang cantik yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Gambar tersebut, yang menunjukkan Perseverance mengawasi helikopter kecil seperti orang tua yang menjaga anaknya, dijahit oleh ilmuwan Seán Doran dari 62 foto yang diambil pada hari Selasa (6 April) oleh kendaraan seukuran mobil.

Butuh beberapa jam untuk membuat mozaik tersebut, yang diposting Doran hari ini melalui akun Twitternya, @_TheSeaning. Dia mengatakan dia menempatkan gambar konstituen melalui “proses de-noise, perbaikan, dan penaikan” sebelum menggabungkannya.

“Kemudian ada tugas yang melelahkan untuk mengoreksi perbedaan eksposur antara gambar. Kemudian pemrosesan gambar lainnya untuk sampai pada tampilan akhir,” kata Doran kepada Space.com melalui email, yang dilansir RRI Jumat (9/4/2021).

NASA juga berbagi gambar serupa dari Perseverance hari ini, yang disebut sebagai “selfie,” yang menunjukkan tampilan animasi penjelajah yang melihat ke Ingenuity, lalu ke kamera yang dipasang di lengan. Mosaik itu juga dibangun menggunakan 62 gambar, kata pejabat agensi.

“Penjelajah Mars Perseverance NASA mengambil selfie dengan helikopter Ingenuity, terlihat di sini sekitar 13 kaki (4 meter) jauhnya dalam gambar ini dari 6 April 2021, hari Mars ke-46, atau sol, dari misi tersebut,” kata pejabat dengan Jet Propulsion NASA Laboratorium, yang mengawasi misi Perseverance, menulis dalam deskripsi gambar.

Kedua mosaik tersebut menangkap petunjuk menuju momen bersejarah dalam penjelajahan planet. Anggota tim misi sedang mempersiapkan Ingenuity untuk uji terbang pertamanya, yang kemungkinan berlangsung paling cepat pada Minggu (11 April).

Jika Ingenuity berhasil, misi Planet Merah di masa depan kemungkinan akan mencakup helikopter, yang dapat berfungsi sebagai pengintai penjelajah dan mengumpulkan datanya sendiri, kata pejabat NASA.

Ingenuity tidak akan mengumpulkan data apa pun, karena helikopter 1,8 kilogram ini tidak membawa instrumen ilmiah apa pun. Tapi ia akan mendokumentasikan penerbangannya dengan kamera resolusi tinggi. Dan Perseverance akan turut mengawasi dari jarak yang aman. Bahkan ada kemungkinan penjelajah dapat merekam audio penerbangan Ingenuity menggunakan dua mikrofon onboard, kata pejabat NASA.

“Berfokus pada koneksi antara Percy dan Ginny adalah pilihan yang jelas untuk komposisi ini,” tulis Doran dalam emailnya. “Sangat menyenangkan melihat foto baru dari planet lain, tapi yang ini sangat spesial, dan saya berharap demo teknologinya sukses besar.”

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…