Eksepsi MRS Swab Test RS Ummi Ditolak

by -13 views

Jamaninfo, Jakarta: Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur (Jaktim), menolak eksepsi atau nota keberatan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) dan kuasa hukumnya, terkait kasus hasil swab test Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Ummi Bogor, Jawa Barat.

“Menolak keberatan eksepsi terdakwa dan penasihat hukum terdakwa untuk seluruhnya,” kata Ketua Majelis Hakim Khadwanto dalam Persidangan Pembacaan Putusan Sela di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021).

Dalam pertimbangan hakim untuk nomor perkara 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim itu, Khadwanto menuturkan pihaknya menilai surat dakwaan MRS telah memiliki syarat vonis atau dakwaan, dan telah melengkapi ketentuan pasal 123 huruf a KUHAP.

“Sesuai dengan ketentuan Pasal 123 huruf a KUHAP dan juga telah memenuhi syarat materi suatu surat dakwaan karena telah mengurai secara cermat, jelas dan lengkap, melalui tindak pidana yang dilakukan,” ujarnya.

“Tindak pidana tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan Pasal 143 ayat 2 huruf b KUHAP, menurut majelis hakim surat dakwaan tersebut tidak menyulitkan terdakwa untuk melakukan pembelaan,” lanjut Khadwanto.

Dengan demikian, Khadwanto menyatakan bahwa majelis hakim memutuskan untuk tetap menjalankan persidangan ketahap selanjutnya yakni tahapan pembuktian dan pemeriksaan saksi.

“Maka majelis hakim memerintahkan kepada penuntut umum untuk melanjutkan pemeriksaan perkara ini. Menimbang, bahwa mengenai biaya perkara majelis hakim akan menangguhkannya hingga putusan akhir,” pungkasnya.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…