Gegara Cabai, Batam Deflasi di Bulan Maret

by -15 views

Jamaninfo, Batam: Maret 2021, Indeks Harga Konsumen (IHK) Batam secara bulanan mengalami deflasi -0.02 persen (mtm). Komoditas utama penyumbang deflasi pada Maret 2021 yakni cabai merah, cabai rawit, dan telur ayam ras.

Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kepri Musni Hardi K Atmaja mengatakan, deflasi terjadi seiring dengan lancarnya pasokan dan panen pada sentra produsen yang didukung kondusifnya kondisi cuaca. Deflasi ini mencerminkan bahwa daya beli masyarakat masih terjaga di tengah berlanjutnya perbaikan ekonomi yang berdampak pada tingkat pendapatan masyarakat.

“Selain pasokan gang lancar, hal ini juga sejalan dengan penurunan harga emas di pasar global, komoditas emas perhiasan juga turut memberikan andil terhadap deflasi,” ungkap Musni, Jumat (9/4/2021).

Musni melanjutkan, di sisi lain perlu diwaspadai risiko inflasi pada Ramadan hingga menjelang Idul Fitri, seperti peningkatan harga tiket angkutan udara, peningkatan harga daging dan telur ayam, terganggunya produksi sayuran karena cuaca.

Upaya pengendalian inflasi oleh TPID, akan difokuskan pada penjagaan kelancaran distribusi dan ketersediaan pasokan, mendorong peningkatan kapasitas produksi pangan lokal serta melakukan kerja sama antar daerah, termasuk melakukan intervensi operasi pasar jika terjadi lonjakan harga yang signifikan. (Buy) 

Foto: Istimewa

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…