Gelar Profesor, Mega: Penghormatan Sekaligus Tanggung Jawab

by -18 views

Jamaninfo, Sentul: Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri mengaku bahwa pemberian gelar profesor untuk dirinya menjadi penghormatan tersendiri serta membawa tanggungjawab dalam dirinya. Hal itu disampaikan Mega saat pengukuhan gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan RI pada Jumat (11/06/21). 

“Penghormatan ini membawa tanggung jawab tersendiri dalam diri saya. Jadi pemberian gelar profesor ini semakin emnaydarkan saya bahwa hidup itu sebagai falsafah jawa ada namanya cakra manggilingan jadi kita sebagai manusia harus menerima bahwa dunia ini berputar sebagai roda kehidupan juga,” ujar Mega yang disaksikan oleh banyak tamu undangan. 

Mega mengatakan, bahwa dirinya mendapat gelar karena dinilai telah memenuhi seluruh persyaratan akademik legal maupun administratif untuk dianggap sebagai profesor kehormatan pada bidang kepemimpinan strategis.

“Berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh bapak rektor, saya dinilai telah memenuhi seluruh persyaratan akademik legal maupun administratif untuk dianggap sebagai profesor kehormatan pada bidang kepemimpinan strategis,” tambah Mega menjelaskan. 

Menurut Mega, tentunya pemberian gelar tersebut merupakan bagian dari hasil pekerjaannya terdahulu sebagai Wakil Presiden dan Presiden RI.

“Hal ini tidak terlepas dari tugas yang saya emban sebagai presiden RI pada tahun 2001-2004 dan sekaligus untuk bisa diingat saya adalah mandataris MPR RI terakhir di dalam menangani krisis multidimensi yang terjadi saat itu,” ujar Mega lebih lanjut. 

Untuk diketahui, Penetapan Profesor Kehormatan terhadap Megawati tersebut tertuang dalam surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nomor 33271/MPK.A/KP.05.00/2021.

“Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2021 diangkat dalam jabatan Profesor dalam Ilmu Kepemimpinan Strategik ditetapkan di Jakarta pada tanggal 20 Mei 2021,” kata Sekretaris Senat Universitas Pertahanan RI saat membacakan surat keputusan tersebut. 

Sejumlah pejabat hadir dalam acara pengukuhan tersebut, antara lain Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Ada pula Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. 

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…