Helikopter Ingenuity NASA Bertahan Sendirian di Mars

by -16 views

Jamaninfo, Washington: Helikopter mini Ingenuity milik NASA berhasil bertahan sendirian pada malam pertama di permukaan Mars yang dingin, kata badan antariksa AS, menyebutnya sebagai “tonggak besar” bagi pesawat kecil itu untuk bersiap menghadapi penerbangan pertamanya.

Pesawat ultra-ringan itu dijatuhkan ke permukaan pada hari Sabtu (3/4/2021) setelah terlepas dari perut penjelajah Perseverance, yang mendarat di Planet Merah pada 18 Februari.

Terpisah dari Perseverance, Ingenuity harus mengandalkan baterai bertenaga suryanya sendiri untuk menjalankan pemanas penting guna melindungi komponen listrik yang tidak terlindung dari pembekuan dan retakan semalaman di Mars yang dingin, di mana suhu dapat turun serendah minus 90 derajat Celcius.

Berhasil melewati semalam di Mars yang dingin adalah “tonggak penting bagi helikopter kecil itu,” kata NASA dalam sebuah pernyataan, Senin (5/4/2021).

“Ini pertama kalinya Ingenuity berada di permukaan Mars sendiri,” kata MiMi Aung, manajer proyek Ingenuity di Jet Propulsion Laboratory NASA, seperti dikutip dari Physorg, Rabu (7/4/2021).

“Tapi sekarang kami mendapat konfirmasi bahwa kami memiliki insulasi yang tepat, pemanas yang tepat, dan energi yang cukup di baterainya untuk bertahan di malam yang dingin, yang merupakan kemenangan besar bagi tim. Kami bersemangat untuk terus mempersiapkan Ingenuity untuk uji terbang yang pertama.”

Dalam beberapa hari mendatang, Ingenuity akan menjalani tes pada bilah rotor dan motornya.

Jika semuanya berjalan dengan baik, Ingenuity diperkirakan melakukan upaya penerbangan pertamanya paling cepat malam tanggal 11 April, kata Jet Propulsion Laboratory.

Ini akan menjadi pesawat pertama yang mencoba penerbangan bertenaga dan terkontrol di planet lain.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…