Hindari Pelarangan Mudik, Warga Jateng Sewa Bus

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Demi menghindari pengetatan seiring dengan aturan larangan mudik Lebaran yang diberlakukan pemerintah, warga asal Pemalang, Jawa Tengah (Jateng) menggelar mudik bareng dengan menyewa bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada dini hari tadi.

Sedikitnya, sebanyak 131 warga asal Pemalang yang tinggal di wilayah Jakarta Utara mengikuti kegiatan mudik bareng tersebut. Mereka berkumpul di Terminal Bayangan, yang terletak di Jalan Pluit Raya, Penjaringan, Jakarta Utara.

Warga asal Pemalang ini, menyewa 3 unit bus AKAP sebesar Rp26 juta atau masing-masing pemudik membayar Rp200 ribu untuk sekali perjalanan menuju kampung halaman.

Meski menggelar mudik di luar terminal resmi, para pemudik mengaku telah mengikuti protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang benar.

“Mudik ke Pemalang, carteran satu kampung semua, 130an ada tiga bus, persyaratan sudah dipenuhi pake masker udah di swab juga, pilih balik sekarang karena tanggal 6 udah ditutup,” kata salah seorang pemudik, Suyatno saat ditemui, Rabu (5/5/2021). 

Sementara itu pengurus PO Bus Suwarto mengatakan, pihaknya telah memperketat prokes bagi pemudik asal Pemalang yang menyewa jasanya.

“Prosedur saya sudah koordinasi, sama anak-anaknya juga udah semua, protokol sudah disiapkan semua, pake masker juga,” jelasnya.

Menurutnya, dengan menyewa bus secara mandiri oleh warga satu daerah, risiko penularan virus Corona lebih kecil.

“Kalau melalui terminal lebih resiko lagi, kita mencampur baur dengan orang lain, kalau satu kampung antisipasinya masih gampang,” pungkasnya.

Adapun, larangan mudik lebaran yang diterapkan pemerintah diberlakukan mulai 6 sampai 17 Mei 2021.

Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.⁣ (Buy)

Foto: Istimewa

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…