IMO, ILO, dan FAO Luncurkan Buku “Fishing Vessel Safety”

by -38 views
Berita Terkini

JMOL. Untuk mewujudkan sektor perikanan tangkap yang berkelanjutan, tiga organisasi Internasional PBB, yaitu IMO, ILO dan FAO meluncurkan buku Fishing Vessel Safety (3/9).

Penangkapan ikan adalah salah satu profesi paling berbahaya di dunia. Sektor ini perlu terus diperbaiki agar lebih berkelanjutan. Menjadi sektor yang aman dan layak bagi manusia, sosial, dan lingkungan, melalui penerapan standar internasional.

Buku “Fishing Vessel Safety” yang ditulis oleh FAO, dan didukung IMO dan ILO ini dimaksudkan menjadi panduan bagi pembuat kebijakan dan keputusan (negara) serta pemangku kepentingan lainnya di sektor perikanan, kelautan, dan ketenagakerjaan, untuk meratifikasi dan mengimplementasi empat instrumen internasional di sektor perikanan tangkap, yaitu: (1). IMO Cape Town Agreement (CTA) tahun 2012; (2). Konvensi Internasional IMO tentang Pelatihan, Sertifikasi dan untuk Personil Kapal Penangkap Ikan (STCW-F) tahun 1995; (3). Konvensi ILO tentang Pekerjaan dalam Penangkapan Ikan (C188) tahun 2007; (4). The FAO Agreement on Port States Measures to Prevent Deter and Eliminate Illegal, Unreported and Unregulated Fishing (PSMA) tahun 2009.

Unduh Buku Fishing Vessel Safety di sini

Buku setebal 22 halaman ini berisikan gambaran umum tentang empat konvensi/perjanjian internasional di atas. Dimana keempat konvensi tersebut mengatur standar tentang keselamatan kapal ikan, keselamatan nelayan/ABK kapal ikan, pelatihan nelayan/ABK, dan operasi perikanan yang aman dan akuntabel. [AS]

Baca Selengkapnya..