Indonesia dan Prancis Teken Kerjasama Bilateral 2022-2027

by -12 views

Jamaninfo, Jakarta: Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas rencana hubungan bilateral dengan menandatangani Rencana Aksi (PoA) tahun 2022-2027. 

Menlu Retno membeberkan sejumlah kerjasama yang akan dilakukan kedua belah pihak dalam waktu lima tahun kedepan. 

“Beberapa prioritas dalam rencana aksi tersebut antara lain, kerja sama di sektor kesehatan, pertahanan, perubahan iklim, energi dan maritim,” kata Menlu Retno yang dipantau RRI.co.id secara daring, Rabu (24/11/2021). 

Pertama, kerjasama di sektor kesehatan akan dilakukan dalam konteks memperkuat kesiapan dunia dalam menghadapi pandemi yang akan datang. 

“Kami juga sepakat untuk mengintensifkan komunikasi khususnya tahun depan terhadap beberapa isu baik yang terkait dengan G20 maupun Uni Eropa,” lanjut Menlu Retno.

Tahun depan, lanjut Retno, Indonesia-Prancis akan melakukan dialog maritim untuk kali pertama. Menurut dia, ini merupakan langkah awal implementasi dari rencana aksi tersebut. 

“Komitmen ini akan ditandatangani hari ini antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, PT PLN, dan Agen Pembanguan Prancis,” jelas Menlu Retno.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.