Ingenuity Bawa Kain Wright Bersaudara ke Mars

by -14 views

Jamaninfo, Washington: Ingenuity, helikopter kecil yang ditenteng di perut Perseverance, membawa potongan kain kecil yang menjadi penutup salah satu sayap pesawat pertama Wright bersaudara yang berhasil melakukan penerbangan pertama di Bumi di Kitty Hawk pada tahun 1903, saat mendaratkan kakinya di tanah Planet Merah, Sabtu (3/4/2021)

Potongan kain itu merupakan penghormatan atas pencapaian Ingenuity sebagai pesawat Bumi pertama yang melakukan penerbangan di planet lain.

Upaya ini juga akan bertepatan dengan peringatan 60 tahun penerbangan luar angkasa manusia pertama, oleh kosmonot Soviet Yuri Gagarin pada 12 April 1961, dan peringatan 40 tahun peluncuran pesawat ulang-alik pertama, Columbia, 12 April 1981.

Ingenuity akan mencoba terbang di atmosfer dengan satu persen kepadatan Bumi, yang membuat pencapaian gaya angkat akan lebih sulit — tetapi akan dibantu oleh gravitasi yang sepertiga dari planet kita, seperti dikutip dari Physorg, Rabu (7/4/2021).

Penerbangan pertama, yang diperkirakan paling cepat 11 April, akan melibatkan pendakian dengan kecepatan sekitar satu meter per detik ke ketinggian tiga meter, melayang di sana selama 30 detik, lalu turun kembali ke permukaan.

Ingenuity akan mengambil fotografi resolusi tinggi saat terbang dari “lapangan terbang” di Kawah Jezero.

Serangkaian penerbangan direncanakan selama misinya berlangsung 30 sol Mars (31 hari Bumi).

“Jadwal pengujian 30 sol kami dipenuhi dengan pencapaian yang menarik,” kata Teddy Tzanetos, wakil kepala operasi Ingenuity.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…