Inggris Akan Kirim Kapal Induk ke Kawasan Indo-Pasifik

by -13 views

Jamaninfo, Jakarta: Inggris akan memperkuat komitmen UN Convention on the Laws of the Sea (UNCLOS), Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan, Inggris dan Indonesia memiliki kepentingan maritim yang sama, dan memastikan prinsip-prinsip UNCLOS ditegakkan.

Raab menyebut, Inggris berencana akan mengirim kapal induknya ke kawasan Indo-Pasifik pada akhir tahun ini. Rencana tersebut dipaparkan oleh Menlu Dominic Raab saat mengunjungi Indonesia pada Rabu (7/4/2021).

“Sejumlah Asia Tenggara telah berselisih dengan Cina atas wilayah Laut Cina Selatan. Cina menolak UNCLOS dan mengklaim Laut Cina Selatan dengan batas klaim historis yang disebut nine dash line (sembilan garis putus-putus),” kata Raab dalam rilisnya.

Dalam keterangan persnya, Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan bahwa gugus tempur kapal induk yang dipimpin HMS Queen Elizabeth.

Lebih lanjut, kata Raab, pengerahan gugus tempur kapal induk tersebut menandai era baru dalam kerja sama keamanan.

“Pengerahan gugus tempur kapal induk ini menandai dimulainya era baru kerja sama pertahanan,” tutur Raab.

“Dan Inggris berinvestasi dalam kemitraan jangka panjang sebagai kekuatan untuk kebaikan di kawasan ini,” tambah Raab.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson tampaknya ingin menandingi pengaruh China di Indo-Pasifik dengan visi Global Britain, visi ambisius Inggris pasca-Brexit.

Integrated Review menetapkan peningkatan persenjataan nuklir Inggris dan menyebut Indo-Pasifik sebagai “pusat geopolitik dunia”, menurut laporan Reuters pada 15 Maret.

“Ini adalah kajian kebijakan luar negeri dan pertahanan terbesar Inggris sejak akhir Perang Dingin 1990,” kata Raab. 

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…