Ini Waktu Terbaik Lihat Konjungsi Bulan-Jupiter-Saturnus

by -14 views

Jamaninfo, Jakarta: Lembaga Penebangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melaporkan bulan akan mengalami konjungsi triple dengan Jupiter dan Saturnus. Fenomena antariksa itu akan terjadi selama tiga hari berturut-turut sejak 6 April hingga 8 April 2021.

LAPAN menyampaikan, fenomena itu bisa disaksikan di arah Timur-Tenggara. Posisinya diketahui dekat dengan konstelasi Capricorn.

Pengamatan bisa dilakukan sejak pukul 03.00 waktu setempat hingga fajar bahari berakhir.

LAPAN membeberkan magnitudo Jupiter sedikit bervariasi antara -2,08 hingga -2,09. Sedangkan magnitudo Saturnus konstan di angka +0,75.

Pada peristiwa itu, LAPAN menyebut Bulan akan berfase sabit akhir ketika konjungsi triple dengan iluminasi bervariasi antara 34,4 persen hingga 15,8 persen.

Selain itu, LAPAN juga menyampaikan konjungsi triple akan kembali terjadi pada 12 April 2021. Kali ini, konjungsi triple melibatkan Bulan-Venus-Matahari. Fenomena itu juga bertepatan dengan fase Bulan baru.

Fase Bulan baru, disebut juga konjungsi solar Bulan adalah konfigurasi ketika Bulan terletak antara Matahari dan Bumi, dan segaris dengan Matahari dan Bumi.

Lebih dari itu, konjungsi adalah konfigurasi planet saat bujur planet itu berada pada kedudukan yang sama dengan Matahari.

Ada dua konjungsi, yakni atas dan dalam. Konjungsi atas adalah kedudukan planet inferior saat planet itu memiliki bujur yang sama dengan bujur Matahari dan terletak di belakang Matahari.

Sedangkan konjungsi dalam adalah kedudukan planet inferior saat planet itu memiliki bujur yang sama dengan bujur Matahari dan terletak diantara Bumi dan Matahari.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…