Izinkan Umrah Saat Ramadhan, Ini Syarat Usia

by -18 views

Jamaninfo, Jakarta: Arab Saudi dipastikan bakal membuka lagi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk jemaah umrah pada bulan puasa 2021. 

“Saudi akan membuka izin umrah mulai awal Ramadan 1442 H,” kataKonsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, Selasa (6/4/2021).

Kendati sudah dibuka lagi, Endang menyampaikan bahwa izin umrah dari pemerintah Saudi tersebut masih diberikan secara terbatas dan aturan yang ketat. 

Selain itu, kata Endang, calon jemaah umrah diwajibkan sudah mengikuti vaksinasi Covid-19. Para jemaah umrah pun tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

“Untuk pembatasan usia jemaah umrah, masih diberlakukan 18 – 60 tahun, kecuali (batasan usia) bagi warga Saudi sebelum 70 tahun,” kata ia.

Selain itu, Endang mengatakan,  pendaftaran e-visa umrah harus dilakukan lewat aplikasi Eatamarna dan Tawakalna. 

Diketahui, Arab Saudi akan memberikan izin umrah dan sholat di Masjidil Haram serta berkunjung ke Masjid Nabawi mulai 1 Ramadhan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Namun, itu hanya berlaku bagi orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan, dalam pernyataannya bahwa ada tiga jenis orang yang dianggap sudah “imun”.

Mereka adalah yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19; mendapatkan sebuah dosis vaksin setidaknya 14 hari sebelum umrah; dan mereka yang telah sembuh dari Covid-19.

Hanya ketiga jenis jemaah tersebut yang akan mendapatkan izin untuk melaksanakan umrah, termasuk hadir dan beribadah di Masjidil Haram Makkah.

Persyaratan itu juga berlaku untuk jemaah yang ingin memasuki wilayah Masid Nabawi di Madinah.

Kemudian, untuk izin pemesanan menunaikan ibadah umrah, sholat dan kunjungan dilakukan melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna. Hal tersebut dilakukan untuk efisien waktu dan menyesuaikan dengan kapasitas operasional dan bentuk kehati-hatian.

Selain itu harus menunjukkan izin dan memverifikasi keabsahannya melalui aplikasi Tawakkalna, langsung dari rekening penerima. Sumber tersebut menegaskan, platform utama dan terakreditasi untuk mendapatkan izin adalah melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…