Jakarta Tutup Tiga Terminal Saat Musim Mudik

by -15 views

Jamaninfo,Jakarta: Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan layanan perjalanan antar kota-antar provinsi (AKAP) di tiga terminal Jakarta saat musim mudik Lebaran mendatang. 

Kepala Dinas Perhubungan, Syafrin Liputo menyebutkan rencana ini merupakan hasil pembahasan terkini dalam mendukung larangan mudik yang dikeluarkan Pemerintah Pusat.

“Untuk larangan mudik memang pembahasan terakhir di Jakarta dari empat terminal yangsaaat ini difungsikan sebagai terimal AKAP itu rencananya itu yang akan dioperasinlaknan hanya terminal Pulogebang, selebihnya itu tidak ada pelayanan AKAP,” kata Syafrin di Kantor DPRD DKI Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Nantinya, pelayanan di Pulogebang pun tidak sembarangan. Pihaknya kata Syafrin juga akan selektif dalam memberi izin para calon penumpang yang ingin keluar kota.

“Dan untuk pelayanan AKAP terminal pulogebang pun itu akan sangat selektif, apakah terkait dengan keperluan mendesak misalnya keluarga kedukaan, ada yang sakit dsb, tentu ini akan sangat selektif,” jelasnya.

Meski demikian, dia menegaskan, pelaksanaan kebijakan ini tetap masih menunggu keputusan Kementerian Perhubungan. 

“Kita harapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, peraturan ini akan terbit sehingga sebelum masa larangan mudiktanggal 6 kita bisa sosialisasikan secara masif kepada seluruh masyarakat, sehingga masyarakat memahami urjensi larangan mudik yang diambil dari pemerintah,” tukasnya.

Untuk diketahui DKI Jakarta setidaknya memiliki empat terminal yang melayani perjalanan antar kota- antar provinsi.

Keempatnya adalah Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres dan Terminal Tanjung Priok yang berada di bawah pengelolaan Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan (UP TAJ), serta Terminal Terpadu Pulo Gebang yang berada di bawah pengelolaan Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang (UP TTPG).

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…