Jalur Evakuasi Merapi Kemalang Klaten Rusak Parah

by -12 views

Jamaninfo, Klaten: Hujan yang tertus mengguyur kawasan lereng Merapi menyebabkan kondisi jalan di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah semakin rusak, terutama jalan PU yang merupakan jalur vital evakuasi bahaya Merapi.

Koordinator relawan Sidorejo Sukiman mengungkapkan, warga sekarang ini semakin resah dengan kondisi jalan di wilayahnya sepanjang kurang lebih enam kilometer. Kondisi jalan semakin parah berada di sekitar Pesanggrahan Pakubuwono Deles hingga sekitar Balai Desa Sidorejo atau masuk kawasan rawan bencana (KRB) 3. 2 dan 1.

Sukiman menyebut jalur evakuasi itu sudah sebelas tahun tidak dilakukan perbaikan oleh pemerintah.

“Rusak parah dan itu merupakan jalur evakuasi yang dari KRB 3, 2 dan 1. Dan itu merupakan jalan DPU yang sudah sebelas tahun tidak didandani atau tidak dibangun,” ungkap Sukiman kepada wartawan, Rabu (24/11/2021).

Warga berharap, agar jalan di wilayah itu untuk segera diperbaiki atau dibangun. Kondisi jalan saat ini bagaikan sungai mati dan berlobang-lobang dan membahayakan bagi pengguna jalan. 

Hal yang hampir sama juga diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat setempat Sriyanto. Ia mengatakan, warga sekarang ini sudah mengeluh tentang kondisi jalan tersebut. 

Saat ini aktivitas gunung Merapi masih tinggi, maka ketika terjadi erupsi dan kondisi jalan rusak justru membahayakan  bagi warga.

“Kita juga tidak berharap kalau Merapi erupsi. Tetapi ketika terjadi erupsi jalan sebaiknya sudah baik. Jadi menghindar dari Merapi  dan korban itu bukan karena Merapi akan tetapi karena jalan rusak,” kata Sriyanto tokoh masyarakat setempat. 

Sementara sebelumnya Kepala Bidang Bina marga Dinas PU Kabupaten Klaten Suryanto mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Klaten telah menganggarkan kurang lebih Rp5 miliar pada tahun 2022 untuk perbaikan jalur evakuasi di wilayah itu.  

(Adam Sutanto /WW)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.