Jebolnya tanggul Sungai alur air panas akibat curah hujan yang tinggi

by -12 views

Jamaninfo, Sabang: Akibat hujan deras yang mengguyur selama hampir tiga jam di Gampong Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang Rabu (7/4/2021) siang, menyebabkan jebolnya tanggul sungai alur air panas penahan abrasi di lokasi jalan menuju tempat pengambilan air bersih warga.

Geuchik gampong Jaboi Rahmad menerangkan, tanggul yang dibuat tahun 2018 ini jebol sepanjang 20 meter akibat tidak sanggup menahan derasnya air karena hujan yang mengguyur gampong yang memiliki gunung api tersebut.

“kejadian ini terjadi tadi siang pukul 12.30WIB hujan lebat, kemudian sekitar pukul 14.00WIB baru datang air sungai yang deras, Cuma sayangnya tanggul dinding sungai yang dibuat tahun 2018 roboh sepanjang 20 meter, di bawah jembatan sungai itu juga ada dibuat tempat nyuci warga, tempat itu juga di bawa arus sungai yang deras tadi,” kata Geuchik gampong Jaboi Rahmad kepada RRI, Rabu (7/4/2021). 

Menurutnya, kejadian banjir seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya di gampong jaboi, jika hujan terus mengguyur dengan intensitas tinggi, dikhawatirkan dapat mengikis dinding sungai sehingga terjadi abrasi pada jalan akses warga menuju tempat pengambilan air bersih.

Ia berharap pemerintah dapat segera membantu membuat kembali tanggul tersebut. Seperti diketahui, sepanjang tanggul yang rusak selama ini dipergunakan sebagai jalur distribusi air bersih kepada warga setempat.  (imr)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…