Jelai Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

by -32 views

Jamaninfo, Samarinda: Ketergantungan masyarakat Indonesia akan beras memang tinggi, hingga muncul istilah, belum makan kalau belum makan nasi. Padahal ada banyak sumber karbohidrat  pengganti nasi yang tersedia di bumi nusantara, salah satunya jelai.

Jelai (Hordium vulgare) mungkin nama yang masih asing. Namun keberadaannya disebut bisa menggantikan beras. Jelai atau yang dalam bahasa Inggris disebut barley adalah sejenis serealia dan merupakan anggota suku padi-padian (Poaceae).

Jelai memiliki tekstur kenyal dan rasa khas kacang, mirip dengan beras coklat. Jelai utuh adalah sumber karbohidrat yang memiliki kandungan protein dan serat tinggi. Biji-biji jelai lebih kecil dibandingkan bulir beras. Namun ketika diolah rasanya hampir menyerupai rasa nasi.

Bagi masyarakat Dayak, jelai sudah dikonsumsi sejak lama. Seperti dilansir laman Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim, jelai sudah dipanen oleh masyarakat pedalaman termasuk masyarakat Dayak yang mengkonsumsi sebagai bahan pangan selain padi.

Jelai juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan tapai dan difermentasi untuk dijadikan minuman penghangat. Jelai menjadi hidangan khusus masyarakat  adat  Dayak pada waktu bergotong royong saat musim panen tiba.

Jelai yang disebut  “ Lore”  masyarakat dayak merupakan tanaman golongan famili Gramineae. Tanaman mirip gelagah, tingginya mencapai 3 m. Satu rumpun bisa terdiri dari 21 anakan.

Perumpun dapat menghasilkan 1-1,5 kg Jelai Kering Giling. Satu malai terdapat 7-8 cabang malai. Umur tanaman sekitar 5-6 bulan, hampir mirip dengan padi lokal.

Balai Penelitian dan Penggembangan  Daerah (Balitbangda)  Kutai Kartanegara, seperti dilansir  laman Balitbangda Kukar pernah melakukan penelitian tentang pengembangan plasma nutfah tanaman jelai sebagai sumber pangan alternatif potensial pada tahun 2016.

Dalam kajian tersebut dikatakan, jelai memiliki  beberapa keunggulan, pertama jelai merupakan  tanaman yang adaptif pada lahan kering, kedua mempunyai nilia gizi yang tinggi, khususnya kandungan protein sementara beras lebih tinggi kandungan karbohidrat, ketiga merupakan tanaman yang menahun (perennial) yang dapat dipanen beberapa kali dalam setahun.

Melihat dari kelebihan dan keistimewaan tanaman jelai tersebut diharapkan dapat memberikan solusi alternatif mengurangi ketergantungan kita terhadap beras, karena tanaman jelai sebagai makanan pokok yang tidak hanya mengenyangkan perut tetapi baik juga untuk kesehatan tubuh.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.