Jelang Buka Puasa, Sabang Diguncang Gempa

by -19 views

Jamaninfo, Sabang: Gempa berkekuatan 3.5 magnitudo mengguncang laut Kota Sabang, Aceh, Senin (3/5/2021).

Gempa bumi tektonik ini terjadi saat warga menjelang berbuka puasa pada pukul 18.35 WIB. 

“Pusat gempa berada di 16 kilometer barat daya Kota Sabang dengan kedalaman 5 kilometer,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro. 

Dia menyebutkan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Gempa bumi turut dirasakan di wilayah daratan Sabang pada skala II-III MMI. 

“Titik koordinat gempa berada pada lokasi 5,77 lintang utara dan 95,23 bujur timur,” jelasnya. 

Sebelumnya,  BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar juga mencatat ada aktifitas gempa bumi tektonik di wilayah barat daya Kota Sabang dengan kekuatan 4.8 magnitudo. 

“Pusat gempa berada di laut tepatnya di 94 kilometer barat daya Kota Sabang pada titik koordinat 5.43 lintang utara dan 94.60 bujur timur pada kedalaman 49 kikometer terjadi pada Senin (3/5/2021) pukul 03.49 WIB. 

Menurutnya gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi di sisi barat Sumatera.

“Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Banda Aceh dengan Skala Intensitas III – IV MMI ( Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi) Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” terang Djati. 

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…