Jelang Kepulangan, Atlet PON Menjalani Test PCR

by -10 views

Jamaninfo, Mimika: Sejumlah atlet dan official peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berada Kabupaten Mimika, melakukan screening Covid-19, sebelum mereka pulang kedaerah asal.

Berdasarkan pantauan RRI di Puskesmas Mimika, Rabu (13/10/2021), para atlet, perangkat pertandingan berserta sejumlah pihak yang terlibat dalam PON, mengantri untuk di swab PCR (Polymerase Chain Reaction), guna memastikan tidak terpapar Covid-19.

Untuk menghidari terjadinya kerumunan, pertugas puskesmas setempat mengatur kedatangan kontingen sesuai jadwal, dan selama di puskesmas ada petugas yang menjaga agar protokol kesehatan, utamanya mengunakan masker dan menjaga jarak tetap dipatuhi.

Dokter kontingen Provinsi Lampung, DR Khaitun Nisa mengatakan, selaian sebagai persyaratan untuk moda transportasi, swab PCR tersebut sangat penting, untuk mengatahui kondisi para atlet dan official yang terlibat, sehingga ada screening sebelum mereka pulang ke daerah tujuan.

“Kalau saya lihat Dinas Kesehatan disini sangat responsip ya, dalam memfasilitasi kontingen Pon dalam melakukan pemeriksaan, sehingga para atlet bisa fokus dalam pertandingan, seklaigus sebagai antisipasi dalam penyebaran Covid-19,” ungkap DR Khaitun Nisa, Rabu (13/10/2021).   

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynol Ubra mengatkan, mekanismes dalam menghadapi PON XX Papua baik terkait penanganan dan pencegahan Covid-19, sudah dilakukan, mulai dari kedatangan, saat pertandingan maupun kepulangan para kontingen.

“Semuanya prosedur pencegahan penyeberan Covid-19 sudah dilakukan, mulai swab antigen para atlet sebelum bertanding, hingga memberian fasilitas PCR gratis untuk kontingen sebelum kembali kedaerah asal mulai dilakukan disejmulah puskesmas di Mimika,” jela Reynol Ubra, Rabu (13/10/2021).

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.