Jelang Ramadan, Mendag Sidak ke Pasar Induk

by -19 views

Jamaninfo, Jakarta: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Kramat Jati di kawasan Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021). 

Sidak ini dilakukan Menteri Lutfi untuk mengetahui pasokan dan harga  barang pokok (bapok), menjelang datangnya bulan Ramadan dan Idul Fitri 2021.

“Saya sengaja ke Pasar Induk dulu untuk memeriksa dari hulunya. Jadi kalau Saya lihat tadi semua barang harganya stabil dan cenderung turun,” ujar Mendag, Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, harga bawang merah dan bawang putih stabil di kisaran Rp 18.000-Rp 21.000 per kg.  

“Kalau sudah sampai ke pasar retail, harganya ditambah seribu. Jadi masih dibawah HET (Harga Eceran Tertinggi),” tukasnya.

Begitu pula dengan harga cabe rawit keriting yang harganya sempat melesat hingga Rp 100 ribu per kg, hari ini menurut Mendag sudah turun di kisaran Rp 70 ribu per kg.

Bahkan, kata Lutfi, pada saat akan ada panen, harganya bisa turun lagi. “Jadi saya pastikan pada puasa dan Idul Fitri tahun ini, harga-harga stabil dan terjangkau,” terangnya.

Dengan demikian, lanjutnya, ibadah di bulan Ramadan dapat lebih tenang dengan ketersediaan bahan pokok yang cukup. “Mudah-mudahan puasa kita tahun ini bisa lebih tenang. Semua barang kebutuhan pokok saya pastikan ketersediaannya cukup,” pungkas Mendag. (imr)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…