Jokowi: Tindak Tegas Intoleransi

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Pemerintah akan menindak tegas segala bentuk intoleransi yang dilakukan oleh siapapun, termasuk organisasi keagamaan. 

Hal itu ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Jokowi, ketegasan itu harus dilakukan, lantaran jika dibiarkan, maka dapat merusak persatuan dan keutuhan bangsa.

“Beberapa kali sudah disampaikan, pemerintah akan bersikap tegas terhadap segala bentuk intoleransi yang merusak sendi-sendi kebangsaan kita. Oleh karena itu kita harus meningkatkan moderasi yang mendukung persatuan dan kesatuan,” tegas Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-IX Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) secara virtual dari Istana Negara Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Ia menambahkan, organisasi berbasis keagamaan justru seharusnya dapat menjunjung tolerasi dan inklusif. Sebab jika yang dilakukan adalah hal sebaliknya, maka dapat memicu perpecahan.

“Praktik-praktik keagamaan yang ekslusif dan tertutup harus kita hindari, karena sikap ini pasti akan memicu penolakan dan pertentangan-pertentangan,” kata Jokowi.

Kepala Negara pun mengingatkan kepada kelompok masyarakat dan organisasi berbasis keagamaan untuk tidak pernah berprinsip di luar kebhinekaan. Khususnya LDII, Jokowi berpesan agar dapat turut menjaga kesejukan bersama dengan organasasi Islam lainnya.

“Jangan ada sedikit pun pandangan untuk menjauh dari kelompok-kelompok Islam yang lainnya, kita harus berpedoman pada ajaran keagamaan yang sejuk, yang ramah, mengedepankan toleransi serta menjauhi sikap yang tertutup, ekslusif,” tandas Jokowi. (Buy) 

Foto: Istimewa

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…