Kabupaten Barito Kuala Siaga Darurat Bencana

by -13 views

Jamaninfo, Banjarmasin: Kabupaten Barito Kuala (Batola) kini berstatus siaga darurat bencana. Ketetapan ini sesuai Surat Keputusan Bupati Barito Kuala Nomor 188.45/568/KUM/2021 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Penanganan Bencana Banjir, Angin Puting Beliung, dan Cuaca Ekstrem di Kabupaten Barito Kuala.

“Mengacu kepada surat keputusan bupati ini maka sejak hari ini Barito Kuala berstatus siaga darurat bencana,” kata Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) Rahmadian Noor, Rabu (24/11/2021).

Wabup menyatakan, seiring ketetapan siaga darurat bencana tentunya harus diikuti kesiapsiagaan yang melibatkan semua unsur baik pemkab sendiri, TNI, Polri, dan unsur-unsur pendukung untuk bersatu padu serta bersinergi dalam menghadapi bencana yang mungkin saja setiap waktu bisa terjadi. 

Menanggapi daerah-daerah rawan bencana di Batola, Wabup yang akrab disapa Rahmadi ini menyatakan, untuk banjir terdapat beberapa titik yang sudah dipetakan terutama yang berada di kawasan kiri dan kanan Sungai Barito.

“Daerah-daerah inilah yang akan menjadi perhatian utama, apalagi saat ini ketinggian permukaan air mulai merendam sebagian lokasi seperti jalan dan pekarangan,” jelasnya.

Lebih jauh, dia mengharapkan keberadaan airnya tak lagi terjadi peninggian dan berangsur-angsur turun sehingga tidak sampai merendam rumah-rumah warga. 

“Saya mengimbau, agar meningkatkan kewaspadaan terutama ketika hujan yang berlangsung secara terus menerus seperti terjadi kemarin malam yang akan membuat naiknya debit air,” pungkasnya.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.