Kalau Tak Dilarang, Puluhan Juta Orang Mudik

by -18 views

Jamaninfo, Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkap, 81 juta orang akan melakukan perjalanan jika pemerintah tidak mengambil kebijakan larangan mudik.

“Apabila tidak ada larangan mudik, maka 33 persen orang masih mudik. Artinya ada 81 juta orang akan mudik. Tetapi kalau ada larangan mudik, orang yang ingin mudik 11 persen dengan angka 27 juta. Itu tetap jumlah yang banyak,” kata Budi dalam keterangan persnya usai sidang kabinet paripurna, Rabu (7/4/2021).

Budi mengatakan, dari survei kementeriannya, Jawa Tengah menjadi wilayah yang paling banyak dikunjungi pemudik. 

“Tujuan mudik yang paling banyak dari Jabodetabek ke Jawa Tengah sebanyak 37 persen atau kurang lebih 12 juta, Jawa Barat 23 persen atau 6 juta, dan Jawa Timur,” ujar Budi.

Adapun mitigasi yang akan dilakukan oleh Kemenhub, Budi mengatakan, pihaknya masih menunggu Surat Edaran (SE) yang akan dikeluarkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Setelah itu, Kemenhub akan menindaklanjutinya.

“Kami menunggu arahan dari Satgas Covid, karena Satgas yang akan memberikan SE dan kami akan menindaklanjuti,” tandas Menhub.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…