Kantor Kedubes Myanmar di London ‘Dikudeta’ Wakilnya

by -19 views

Jamaninfo, London: Duta Besar Myanmar untuk Inggris dikunci dari kantor kedutaan negara itu di London setelah menyerukan pembebasan pemimpin yang ditahan Aung San Suu Kyi.

Kyaw Zwar Minn mengatakan kepada kantor berita Reuters “Saya telah dikunci”, setelah berbicara menentang kudeta militer yang telah menyebabkan kematian sekitar 600 pengunjuk rasa.

Dan dia mengatakan kepada Sky News, “Ini bukan Burma, ini London. Mereka menyita kedutaan saya. Saya tidak nyaman.”

Wakilnya, Chit Win, telah melarangnya dan mengambil alih gedung itu dengan bantuan atase militer, sumber diplomatik mengatakan kepada Reuters.

“Ini semacam kudeta, di tengah London … Anda dapat melihat bahwa mereka menempati gedung saya,” kata duta besar, menambahkan bahwa dia sedang berbicara dengan Kantor Luar Negeri Inggris tentang perkembangan tersebut, seperti dikutip dari Sky News, Kamis (8/4/2021).

Bulan lalu, dia menyerukan pembebasan Suu Kyi dan menggulingkan Presiden Win Myint.

Polisi Metropolitan mengatakan pada Rabu malam (7/4/2021) bahwa ada protes di luar kedutaan dan petugas ketertiban umum berada di tempat kejadian. Tidak ada penangkapan yang dilakukan.

Mr Zwar Minn berbicara kepada pengunjuk rasa yang berkumpul di gedung Mayfair dan bersikeras, “Ini adalah gedung saya, saya harus masuk ke dalam. Itulah mengapa saya menunggu di sini.”

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…